JawaPos Radar

Disidak Kemendikbud saat UNBK, Kepsek SMKN 1 Boedoet Lagi 'Nyantai'

02/04/2018, 11:01 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Disidak Kemendikbud saat UNBK, Kepsek SMKN 1 Boedoet Lagi 'Nyantai'
Kepala Sekolah SMKN 1 Jakarta Rahmedi saat menunggu UNBK sesi pertama, Senin (2/4). (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serentak melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) mulai hari ini, Senin (2/4) hingga Kamis (5/4).

Pantauan JawaPos.com di SMK Negeri 1 Jakarta, Senin (2/4), sejak pukul 07.30 WIB siswa satu per satu masuk ke ruang pelaksanaan UNBK dengan rapi dan tenang. Mereka duduk berdasarkan nomor urut yang sudah ditentukan pihak sekolah.

Dalam satu ruangan jumlah rata-rata peserta yakni 20-25 orang. Para siswa yang mengenakan seragam putih-putih itu dijaga ketat oleh guru pengawas yang hadir dari SMK Negeri 27 Jakarta.

Di tengah-tengah UNBK berlangsung, mendadak tiba sebuah mobil berisi empat orang dari Inspektorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pihak sekolah pun dengan sigap menjamu kedatangan Irjen Daryanto beserta rombongan dalam rangka inspeksi mendadak (sidak).

Disidak Kemendikbud saat UNBK, Kepsek SMKN 1 Boedoet Lagi 'Nyantai'
Pelajar SMKN 1 Jakarta saat melaksanakan UNBK (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Setelah pertemuan dan peninjauan langsung ke enam ruang ujian dilakukan, Irjen Daryanto mengaku salut atas kesiapan kepala sekolah dan juga guru-guru di sekolah yang terkenal dengan nama Boedoet itu. Dia juga memastikan segala teknis patut menjadi contoh bagi sekolah lainnya.

"Bagus, tidak ada hambatan apa pun tadi, siap semua, server-nya, pengawasnya disilang (dari SMKN 27)," ujarnya kepada JawaPos.com saat ditemui di SMKN 1 Jakarta, Jalan Budi Utomo, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (2/4).

Tak hanya itu, dirinya yang didampingi staf jajaran Kemendikbud juga mengapresiasi kepercayaan diri para siswa yang bisa mengerjakan soal tanpa mengharap kisi-kisi atau kunci jawaban.

"Saya kira yang perlu dicatat itu siswa-siswa sudah mulai menunjukkan percaya diri, cukup kuat tidak ada yang terganggu isu kisi-kisi atau kunci jawaban bocor," imbuh Daryanto.

Disidak Kemendikbud saat UNBK, Kepsek SMKN 1 Boedoet Lagi 'Nyantai'
Irjen Kemendikbud Daryanto dan rombongan usai sidak di SMKN 1 Jakarta. Senin (2/4). (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Jakarta, Rahmedi mengaku cukup kaget dengan kedatangan pihak Kemendikbud. Serta tak menyangka sidak dilakukan saat dirinya bersantai di luar ruangan bersama guru-guru dan stafnya. Namun untuk meyakinkan, dia mengajak rombongan Kemendikbud berkeliling ruang ujian.

"Karena sudah nyaman, semua berlangsung sesuai SOP dan berjalan dengan lancar. Kepala sekolah bisa nyantai-nyantai dong. Tadi di situ (halaman) sama wakil yang lain. Dia kaget 'kok kepala sekolah nyantai', saya bilang mau ngapain lagi, semua berlangsung kondusif," tutur Rahmedi.

(ce1/yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up