alexametrics

Perbaiki 17 Gardu, PLN Jamin Listrik Jakarta Pulih Total

2 Januari 2018, 15:20:41 WIB

JawaPos.com – Setelah empat jam, pemadaman listrik yang terjadi di sebagian wilayah Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara akhirnya kembali pulih. Sekitar pukul 11.21 WIB seluruh gardu induk di Jakarta kembali berfungsi normal.

PT PLN berhasil memulihkan 17 gardu induk di seluruh Jakarta, artinya sistem 150 kV sudah berjalan dengan baik dan pasokan listrik Jakarta-Tangerang kembali normal.

Alhamdulillah seluruh Gardu Induk telah kembali normal dan pelanggan kembali bisa menikmati energi listrik. Kami ucapkan terima kasih untuk pengertian dari masyarakat dan kami mohon maaf untuk pemadaman yang sempat terjadi,” ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka melalui keterangan tertulis, Selasa (2/1).

Made menjelaskan, gangguan teknis pada sistem 150 kV Gandul-Muara Karang sebelumnya telah menyebabkan 17 GI dari 80 GI yang ada di Jakarta terganggu. Untuk itu, sejak pagi tadi PLN berupaya penuh untuk melakukan pemulihan tersebut.

“Di antaranya dengan melakukan beberapa manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan,” katanya.

Dia menuturkan, saat ini beban puncak di Jakarta mencapai 5.500 MW, jumlah ini meningkat jika dibandingkan libur Natal dan Tahun Baru seiring dengan mulai aktifnya kegiatan perkantoran dan perindustrian di ibu kota. Upaya PLN ke depan untuk meminimalkan pemadaman adalah dengan percepatan penguatan sistem 500 KV dan GITET di Gandul, Duri Kosambi, dan Looping Transmisi Jakarta.

Sebelumnya, PLH Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Dini Sulistyawati mengatakan, kejadian tersebut karena gangguan Interbus Trafo (IBT) 1 dan 2 pada subsistem Gandul-Muara Karang yang mengakibatkan hilangnya tegangan listrik.

Mengatasi hal tersebut, PLN Disjaya segera melakukan manuver atau pengalihan jaringan pasokan listrik ke subsistem lain. Menurut Dini, saat itu juga pasokan listrik mulai berangsur normal.

“Sesaat setelah terhentinya aliran listrik, pasokan listrik Jakarta langsung mulai berangsur normal. Pasokan listrik diprioritaskan untuk fasilitas-fasilitas umum terlebih dahulu seperti perkantoran, transportasi umum, dan lain-lain,” kata Dini saat dikonfirmasi terpisah.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/yes/JPC)


Close Ads
Perbaiki 17 Gardu, PLN Jamin Listrik Jakarta Pulih Total