alexametrics

Tergoda Tas di Atas Meja, Benny Bonyok Dihajar Massa

30 April 2018, 14:23:33 WIB

JawaPos.com – Kejahatan terjadi saat ada kesempatan. Ungkapan itu pantas disematkan kepada Benny Aris Sanjaya, 22, warga Karang Asem, Surabaya. Tergoda melihat tas di atas meja, Benny nekat menggondolnya.

Perbuatan tersebut dilakukan Benny saat di sebuah kafe di Jalan Biliton, Surabaya. Tas yang digondolnya adalah milik salah seorang pengunjung kafe bernama M. Faries, warga Waru, Sidoarjo. “Korban meninggalkan tas itu di atas meja karena ke toilet,” terang Kanit Reskrim Polsek Gubeng Iptu Joko Soesanto kepada JawaPos.com, Senin (30/4).

Merasa tidak ada yang mengawasi, secepat kilat Benny meraih tas warna hitam tersebut. Dia lantas menuju ke pelataran parkir. Barang-barang yang ada di dalam tas dimasukkan ke dalam jok motor miliknya bernopol L 5684 K.

Barang-barang berharga yang diambil tersangka antara lain smartphone Samsung A3. Ada pula dompet kulit berwarna cokelat yang berisi uang Rp 300 ribu. Setelah itu, Benny kembali masuk ke dalam kafe dengan tampang tak berdosa.

Di saat bersamaan, korban yang kembali ke meja sadar bahwa tasnya telah raib. Dia lantas meminta manajemen kafe untuk memutar rekaman Closed Circuit-Television (CCTV) yang menyorot ke mejanya. “Pelaku ini tidak sadar kalau gerak-geriknya terekam kamera pengawas,” tambah Joko.

Saat korban dan manajemen kafe sibuk melihat rekaman CCTV, pelaku sadar bahwa posisinya tersudut. Dia kemudian berpura-pura menemukan tas itu layaknya jagoan. “Pelaku bawa tas kosong. Seakan-akan dia yang menemukannya. Padahal barang-barang berharganya sudah lebih dulu dimasukkan ke jok,” lanjutnya.

Saat melihat ciri-ciri pelaku yang terekam CCTV sama dengan Benny, manajemen kafe pun langsung mengamankannya. Awalnya Benny mengelak. Namun saat ditunjukkan rekaman itu, dia tidak bisa berbuat banyak.

Gara-gara perbuatannya, Benny sempat mendapat hadiah bogem mentah. Benny lantas menunjukkan di mana menyimpan barang berharga tersebut sebelum akhirnya polisi datang. Tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Tergoda Tas di Atas Meja, Benny Bonyok Dihajar Massa