JawaPos Radar

Patroli Reserse Kepolisian Ini Ikut Amankan Kebun Binatang

29/06/2017, 22:10 WIB | Editor: Suryo Eko Prasetyo
Patroli Reserse Kepolisian Ini Ikut Amankan Kebun Binatang
SIAGA: Tim Antibandit Satreskrim Polrestabes Surabaya berkeliling untuk melakukan pengamanan di Kebun Binatang Surabaya. (Allex Qomarullah/Jawa Pos/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu destinasi warga Surabaya dan sekitarnya dalam liburan Lebaran ini. Dengan tingkat kunjungan lebih dari l0 ribu orang per harinya, KBS tentu menjadi salah satu objek vital yang mendapat perhatian khusus aparat keamanan.

Tak heran jika polisi tidak ingin tanggung-tanggung melakukan pengamanan. Selain menggelar pengamanan terbuka (polisi berseragam) di sejumlah entry point KBS, polisi melakukan pengamanan tertutup. Karena itu, pada Rabu (28/6) polisi menerjunkan Tim Antibandit Satreskrim Polrestabes Surabaya untuk melakukan pengamanan.

Satu regu tim yang didesain khusus untuk melakukan quick response atas kejahatan itu terlihat berkeliling di sejumlah spot di KBS. ”Tidak hanya itu, kami juga mengantisipasi adanya parkir liar yang sering terjadi di kawasan ini (KBS, Red),” ujar Komandan Regu Iptu Arief Ryzki Wicaksana.

Tim yang terdiri atas 13 anggota tersebut dipecah dua kali. Beberapa anggota disebar di depan area KBS. Sementara itu, sisanya dipecah ketika memasuki area KBS. Total terdapat tiga regu yang bersiaga di sekitar area taman aneka satwa tersebut.

Masing-masing kelompok terdiri atas 6–7 orang. Setiap kelompok memiliki tugas sendiri. Tim di lapisan luar bertugas menyisir wilayah. Tujuannya, mengantisipasi adanya parkir liar yang meresahkan. ”Tindakan ini sudah kami lakukan sejak awal puasa. Ini hanya tindakan pemantauan,” jelasnya.

Hasilnya, tidak lagi ada para parkir liar yang tampak di sekitar KBS. Kondisi itu tercipta dari hasil kerja sama yang dilakukan pihak kepolisian dan pemerintah kota. Dengan sigap, petugas dari dishub melakukan tindakan untuk merapikan salah satu daya tarik Kota Surabaya tersebut dari parkir liar. ”Memang, kami lihat sudah banyak petugas dishub yang bekerja untuk menindak mereka yang masih nakal kok,” imbuh perwira dengan dua balok di pundak itu.

Dalam kesempatan tersebut, Arief juga mengimbau masyarakat selalu berhati-hati di mana pun berada. Apalagi musim liburan seperti ini. ”Jangan sampai lalai dengan barang-barang yang dibawa. Anggota keluarga juga diperhatikan. Jangan sampai ada yang hilang,” tegas polisi asli Jakarta tersebut. (bin/c16/ano)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up