alexametrics

Sidak Lima Pos Pengamanan, Empat di Pusat Keramaian, Satu di Mapolsek

27 Desember 2017, 00:44:08 WIB

JawaPos.com – Kepolisian Kota Pahlawan pantang kecolongan terhadap gangguan keamanan saat liburan panjang. Meskipun Natal sudah berlalu, mereka tetap siaga menjelang tahun baru 2018. Selasa (26/12), Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pos pengamanan (pospam) dalam rangka pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2017.

Rudi ingin memastikan bahwa anggotanya benar-benar bertugas secara maksimal untuk mengamankan wilayahnya. Sepanjang pagi hingga sore, didampingi pejabat utama Polrestabes Surabaya, Rudi begitu detail mengamati setiap pospam yang dikunjunginya. “Kami harus tanggap dan cepat merespon masukan dari masyarakat,” ujar Rudi.

Ada lima pospam yang disidak Rudi secara merata di beberapa kawasan di Surabaya. Antara lain di wilayah Bubutan, Wonokromo, Dukuh Pakis, Benowo, hingga Pakal. Empat diantara pospam yang didirikan berada di pusat keramaian massa.

Kombespol Rudi Setiawan
Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan saat melakukan sidak di lima pospam antara lain di Taman Bungkul, depan mal Ciputra World, Stasiun Pasar Turi, Terminal Osowilangon, dan Mapolsek Pakal. (Dida Tenola/JawaPos.com)

Di Bubutan, pospam berlokasi di Stasiun Pasar Turi, Wonokromo berada di depan Taman Bungkul, Dukuh Pakis di mal Ciputra World, sedangkan pospam di Benowo didirikan di area Terminal Osowilangun. “Hanya Pakal yang pospamnya bertempat di Mapolsek,” jelas Rudi.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1993 itu memaparkan, anggotanya harus tanggap dengan beberapa situasi yang terjadi di lapangan. Mulai mencairkan kemacetan, hingga pencegahan terhadap kejahatan. Pihaknya ingin memastikan Surabaya tetap aman hingga berakhirnya perayaan tahun baru.

Untuk menjamin keamanan tersebut, Rudi meminta agar anak buahnya siaga selama 24 jam. Mereka tidak boleh kendor dan jeli membaca potensi kerawanan. “Buku tamu dan laporan yang masuk harus dicatat dengan rinci. Selanjutnya, kalau ada gangguan keamanan harus segera ditindaklanjuti, segera berkordinasi,” tegas mantan Wadirreskrimsus Polda Lampung tersebut.

Secara terpisah, Kassubaghumas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Djafar mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan pospam yang didirikan polisi. “Kalau ada gangguan kriminalitas bisa langsung melapor. Pospam ini langkah kami untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat. Akan langsung kami respon,” ujar Lily.

Selain sebagai sarana melapor, petugas piket di pospam juga siap melayani berbagai keluhan warga. Di sana juga disediakan fasilitas kesehatan yang memadai, terutam pospam yang berada di stasiun maupun terminal.

Editor : admin

Reporter : (did/JPC)


Close Ads
Sidak Lima Pos Pengamanan, Empat di Pusat Keramaian, Satu di Mapolsek