JawaPos Radar

Libur Natal dan Tahun Baru

Kebun Binatang Surabaya (KBS) Catatkan Jumlah Pengunjung Tertinggi

27/12/2017, 00:14 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kebun Binatang Surabaya
Sejumlah pengunjung sedang mengamati spesies burung di KBS, Selasa (26/12) (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi primadona bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang menghabiskan liburnya di Ibu Kota Jawa Timur.

Terbukti, KBS mencatat jumlah tertinggi kunjungan wisatawan hingga 60 ribu orang. Mayoritas, pengunjung keluarga berasal dari luar kota Surabaya.

Stanyslav, salah satu pengunjung asal Rusia mengatakan, baru kali pertama berkunjung ke KBS. Meski demikian, dia mengaku senang dengan koleksi di KBS. Terutama soal burung. Menurutnya, koleksi kebun binatang di Rusia tak begitu mengesankan ketimbang di KBS. Karena, banyak hewan yang dibiarkan berkeliaran bebas.

"Di sini (KBS) bagus, ada kandangnya. Jadi, aman," kata Stanyslav, Selasa (26/12).

Sementara itu, Humas KBS Leli Widya mengatakan lonjakan pengunjung sudah terlihat sejak Sabtu (23/12) lalu dengan 10.149 pengunjung. Menurutnya, lonjakan tersebut selain faktor libur panjang natal dan tahun baru, juga lantaran hadirnya wahana baru.

Namanya, Breakfast With Elephant. Wahana tersebut menawarkan satu paket terdiri dari sarapan dengan menu khas Surabaya, berfoto bersama satwa pilihan, dan menunggang gajah. 

"Selain itu juga ada hiburan tradisional, aquarium, kids zoo, dan animal edutainment. Breakfast With Elephant ini yang paling baru," kata Leli saat ditemui JawaPos.com, Selasa (26/12).

Tak hanya KBS, sejumlah tempat wisata lain juga mencatat lonjakan pengunjung selama libur panjang tahun ini. Misalnya, museum Sepuluh Nopember dan Monumen Kapal Selam. 

Kepala Urusan Pembukuan Monumen Kapal Selam Wulandari mengatakan, kunjungan turis tecatat mencapai 2.000 lebih. Kenaikannya cukup signifikan kettimbang hari biasa yang hanya mencapai 300 orang. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Museum Sepuluh Nopember, Tupa Ipung. Dia mencatat jumlah kunjungan wisatawan mencapai 3.000 lebih. Kunjungan didominasi siswa sekolah dari luar Surabaya.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up