JawaPos Radar

Terapis Tunanetra Masuk Hotel

25/02/2017, 18:42 WIB | Editor: Suryo Eko Prasetyo
Terapis Tunanetra Masuk Hotel
ALON-ALON YA: Risma mendapatkan pelayanan pijat dari terapis tunanetra Kukuh Kurnia pada Jumat (24/2) di lobi Bandara Internasional Juanda. (Boy Slamet/Jawa Pos/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Para tunanetra binaan dinas sosial (dinsos) kini memiliki tempat untuk mendapat penghasilan. Tempat pijat refleksi yang mempekerjakan para tunanetra Jumat (24/2) diresmikan.

Lokasinya cukup bonafide, yakni di Ibis Budget Surabaya Airport. Acara tersebut dihadiri Wali Kota Tri Rismaharini, General Manager PT Angkasa Pura I Yuwono, General Manager Angkasa Pura Hotel Farid Indra Nugraha, dan General Manager Ibis Hotel Rahmat Suwardi.

Menurut Kepala Dinsos Surabaya Supomo, para tunanetra itu sudah lama mengikuti pelatihan yang diadakan dinsos. Meski berijazah terapis, mereka kesulitan untuk mendapat kesempatan bekerja. Akhirnya para tunanetra tersebut hanya bisa menjadi terapis panggilan. Mereka tidak memiliki tempat praktik yang tetap. Sebagian biasa ngetem di Taman Bungkul. Namun, saat hujan turun, para terapis itu pasti sepi pengunjung. ”Sudah lama kami latih, tapi baru ini kami kerja sama dengan hotel,” ujarnya.

Rahmat Suwardi menyatakan, kerja sama tersebut merupakan sumbangsih perusahaan. Selain itu, dia berharap tempat pijat refleksi tersebut mampu meningkatkan perekonomian para terapis tunanetra.

Sementara itu, Risma –sapaan Tri Rismaharini– mengaku senang karena warga tunanetra Surabaya mendapat perhatian. ”Ada 4.000 orang berkebutuhan khusus di Surabaya. Itu kita yang kasih makan. Saya senang jika ada yang berkenan ikut bantu ngurus,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Risma sempat menjajal langsung tempat refleksi pijat yang dinamai Reflexology Treatment itu. Dia dipijat terapis Kukuh Kurnia. Kukuh merasa senang karena bisa memijat wali kota perempuan pertama di Surabaya tersebut. ”Kayak mimpi,” ujarnya. Selain di Ibis Hotel, para terapis tunanetra itu akan ditempatkan di beberapa hotel ternama di Surabaya. (kik/CR3/c9/oni/sep/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up