Pasokan BBM di Jatim Ditambah 15 Persen

22/05/2018, 14:09 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
General Manager Pertamina MOR V Ibnu Chouldum usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Jatim Soekarwo di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Selasa (22/5). (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jawa Timur (Jatim) aman hingga di Lebaran mendatang. PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V telah menambah pasokan sebagai langkah antisipasi. Khususnya BBM jenis pertalite dan pertamax.

Penambahan stok dilakukan merata di 38 kabupaten/kota di Jatim. Rata-rata penambahan stoknya sebesar 15 persen. Namun khusus untuk daerah wisata, Pertamina memberikan stok tambahan hingga 25 persen.

"Seperti Malang, Banyuwangi, WBL Pantura dan daerah wisata lainnya," kata General Manager Pertamina MOR V Ibnu Chouldum usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Jatim Soekarwo di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Selasa (22/5).

Untuk kekuatan persediaan BBM sendiri mampu kebutuhan selama 17 hari. Pertamina akan memberikan tambahan sesuai dengan kebutuhan. Konsumsi normal harian BBM untuk wilayah Jatim sekitar 18.286 KL. Menjelang Ramadaan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pertamina memprediksi terjadi peningkatan konsumsi sekitar 5-14 persen untuk produk BBM.

Untuk BBM jenis solar, stok yang disiapkan Pertamina tidak sebanyak pertalite dan pertamax. karena konsumsi solar jelang Lebaran diprediksi akan berkurang. Sementara soal harga, dipastikan tidak akan terjadi kenaikan.

"Beberapa hari jelang Lebaran kan truk sudah tidak boleh melintas. Soal harga sudah diatur. Semoga tidak ada (kenaikan harga). Kalau ada isu kelangkaan, kami akan operasi pasar. Saya tidak mau mendengar isu kelangkaan sebelum diisukan. Kami akan banjiri dulu," pungkasnya.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi