alexametrics

Drama La Nyalla Berakhir, PAN Siap Tinggalkan Gerindra?

Tak Bentuk Poros Baru
21 Desember 2017, 11:40:13 WIB

JawaPos.com – Drama La Nyalla Mattalitti dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam pusaran Pilgub Jatim 2018 sudah berakhir. Kini, harapan partai Gerindra untuk membentuk poros baru mengusung Nyalla kemungkinannya makin kecil.

Bendahara DPW PAN Jatim, Agus Maimun mengatakan, partai besutan Amien Rais ini lebih memberi peluang bergabung pada salah satu calon yang ada, baik Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistianto Dardak mapun Saifullah Yusuf – Abdullah Azwar Anas daripada membentuk poros baru.

“Kalaupun toh ini PAN akan mengusung calon sendiri, itu yang saya sebut 20 persen peluangnya. Kalau yang 80 persen, PAN akan menjadi bagian dari poros yang sudah ada ini. Jadi sangat memungkinkan untuk bergabung pada poros yang ada ” kata Agus kepada JawaPos.com, Kamis, (21/12).

Kendati masih masih merahasiakan siapa yang akan didukung PAN diantara dua paslon tersebut, namun Agus memberikan kriteria sosok yang menjadi pilihan PAN.  

“Kami pastikan kami sudah punya pilihan dan kajian itu sudah mendalam. Saya yakin gubernur yang akan kita pilih nanti tidak hanya memilih sosok yang berlatarbelakang atau identitas tertentu, tetapi kami perlu gubernur yang cakap dalam berkomunikasi dan sebagai fungsi konsolidator,” terang Agus.

Selain kriteria tersebut, lanjut Agus, PAN juga akan memilih calon yang bisa melanjutkan program Gubernur saat ini, Seokarwo seperti program Jatimnomic untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Pakde Karwo itu punya konsep Jatimnomic untuk mengangkat kesejahteraan. Dan itu tidak mudah. Kita basic materialnya sudah ada, apa yang diinginkan oleh publik sudah ada , termasuk potret Jawa timur sudah ada tinggal meracik menjadi prognosa,” sambungnya.

Bahkan, pria yang juga ketua Fraksi PAN di DPRD Jatim ini tidak menampik jika partainya akan kembali berkoalisi dengan Partai Demokrat sebagaiman pada Pilgub Jatim 2015. Menurutnya, pembicaran perihal tersebut sudah cukup lama dengan Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo.

“Bisa jadi kami nostalgia dengan Demokrat, dan terkait Pilgub kami sangat inten membicarakan itu dengan Pakde Karwo maupun dengan mas Renville (Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio),” pungkasnya.

Editor : admin

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Drama La Nyalla Berakhir, PAN Siap Tinggalkan Gerindra?