JawaPos Radar

Ubah Cangkang Kerang jadi Pakan Unggas

21/08/2016, 16:05 WIB | Editor: admin
Ubah Cangkang Kerang jadi Pakan Unggas
MANFAATKAN LIMBAH: Dinda (kiri) dan Endah Paraswati, dua di antara lima peneliti cangkang kerang simping. (Chusnul Cahyadi/Jawa Pos/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Limbah cangkang kerang simping (placuna placenta) bakal menjadi buruan masyarakat.

Sebab, cangkang berbentuk pipih putih bening itu bisa menjadi bahan baku makanan ayam. Kulit simping yang keras dan tajam tersebut mengandung kalsium dan fosfor.   

”Kandungan dua zat dalam cangkang simping ini bisa menguatkan kulit telur sehingga tidak mudah pecah. Selain itu, bisa mengatasi stres pada unggas,” kata Agmarina Artyadina, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair tersebut.

Dinda –panggilan Agmarina Artyadina– tidak sembarangan mengklaim. Sebab, alumnus SMA Negeri 1 Manyar itu mengaku telah meneliti kandungan cangkang kerang simping sejak Maret.

Kebetulan, di Gresik, limbah cangkang tersebut banyak ditemui di pesisir Lumpur, Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik dan Sukorejo, serta Kecamatan Kebomas.

”Saya tak sendiri, tapi dengan empat teman lainnya,” terangnya. Mereka adalah Endah Paraswati, Maulidiyah Wardani, Nur Luqita, dan Hanif Subekti Pratama.

”Ide pertama dari Dyah (Maulidiyah Wardani). Kemudian, kami berlima melakukan penelitian bareng,” ujar Endah Paraswati.

Dinda menambahkan, butuh proses untuk mengubah limbah cangkang menjadi pakan unggas. ”Cukup mudah. Semua orang mungkin bisa,” katanya.

Pertama, cangkang harus dicuci sampai bersih. Setelah itu, cangkang direndam dalam air selama sehari. ”Direndam untuk melunakkan cangkang saja,” jelasnya.

Setelah direndam, kemudian cangkang dimasukkan ke oven. ”Lalu digiling sehingga menjadi tepung,” terang Dinda.

”Alat gilingnya bisa pakai mesin giling biji kopi,” lanjutnya.

Inovasi mereka kini masuk Lomba Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) kategori program kreativitas mahasiswa kewirausahaan. (yad/c5/ai/sep/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up