JawaPos Radar

Ini Tips Vidi Aldiano Untuk Pebisnis Startup

18/12/2017, 06:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Vidi Aldiano
BERBAGI ILMU: Vidi Aldiano menemui dan berdiskusi dengan para pebisnis Startup Surabaya, Minggu (17/12) (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Merealisasikan ide menjadi objek bisnis di kalangan anak muda sudah menjadi tren. Musisi dan entrepeneur Vidi Aldiano punya satu tips khusus.

Dia mengatakan, pebisnis startup harus memiliki keahlian lain. Sebab, menjalankan bisnis tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk merealisasikan ide. Tapi, juga soal menjualnya.

Menurutnya, banyak pebisnis startup yang tak mampu mempertahankan bisnis lebih dari 6 bulan. Sebabnya, masih banyak pebisnis yang berjiwa idealis.

"Menurut gue, orang yang idealis harus punya skill yang lain. Jadi loe idealis boleh, tapi harus melek sama ilmu lain yang loe ngga punya," kata Vidi saat ditemui wartawan, Minggu (17/12).

Lebih lanjut, dia mencontohkan pengalaman pribadinya saat menggarap album pertamanya. Katanya, waktu itu, dia tergolong musisi yang introvert. Kemudian, ia mulai membuka diri dan menjalin menjalin kolaborasi atau kerja sama dengan pelbagai pihak di luar industri musik.

"Berusaha kenalan sama orang radio, produser, arranger. Jadi ngga cuma industri musik saja, tapi lintas industri," kata Vidi.

Situasi itu pula yang mendorong Vidi membuat sebuah platform Krowd.Id. Website tersebut mengusung konsep crowdsourcing yang berbasis crowdfunding.

Fungsi utamanya, website tersebut untuk memfasilitasi dan menghubungkan pebisnis pemula dengan orang yang kompeten terhadap satu keahlian tertentu.

"Jadi terinspirasi dari masalah (saya) sendiri, mas. Akhirnya gue bikin skripsi tentang itu (crowdsourcing)," celetuknya.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up