alexametrics

Pengolahan Sampah di Kota Ini Gabungkan Sanitary Landfill dan Pembakaran

18 Juli 2017, 20:08:39 WIB

JawaPos.com – Rencana besar pengolahan sampah di Kota Delta terus digodok. Ada kemungkinan Pemkab Sidoarjo menggunakan dua sistem sekaligus. Yakni, sanitary landfill dan pembakaran. Untuk mewujudkan rencana itu, Senin (17/7) tim pemkab kembali mengadakan pertemuan dengan Everbright International,perusahaan asal Tiongkok.

Rapat di rumah makan di kawasan Perumahan Taman Pinang Indah itu dihadiri sejumlah pejabat pemkab dan dewan. Di antaranya, Sekretaris Daerah (Sekda) Djoko Sartono, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Achmad Zaini, serta kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Bahrul Amig. Lalu, hadir pula Ketua DPRD Sullamul Hadi Nurmawan, Ketua Komisi C Abdillah Nasih, dan Ketua Fraksi PKB Achmad Amir Aslichin.

Menurut Zaini, pemkab berencana menerapkan sanitary landfill dan pembakaran untuk penanganan sampah. Sanitary landfill merupakan metode pengolahan dengan meletakkan sampah di suatu tempat luas, lalu ditumpuk dengan menggunakan tanah. Area sanitary landfill dikerjakan sejak 2012 di Desa Kupag, Jabon. Untuk sistem pembakaran, lanjut dia, pemkab bekerja sama dengan investor dari Tiongkok. Panas pembakaran akan diolah menjadi energi listrik.

”Dua sistem pengolahan sampah itu bakal dikerjakan secara bersamaan. Lokasinya sama, di wilayah Jabon,” katanya.

Djoko Sartono mendukung dua metode tersebut dijalankan bersamaan. Dia mengungkapkan, sejauh ini penanganan sampah masih menjadi pekerjaan rumah di wilayah Sidoarjo. ”Bagus kalau dua-duanya digunakan,” ujarnya.

Editor : Suryo Eko Prasetyo

Reporter : (aph/c23/hud)

Close Ads
Pengolahan Sampah di Kota Ini Gabungkan Sanitary Landfill dan Pembakaran