alexametrics

Simulasi Pasangan, Gus Ipul-Anas Menang Tipis

13 Desember 2017, 16:43:04 WIB

JawaPos.com – Dua pasangan calon yang akan maju pada Pilgub Jatim 2018 mendatang. Yakni, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Abdullah Azwar Anas dan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistianto Dardak diprediksi bakal bersaing ketat.

Hal itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan  Surabaya Survey Center (SSC). Dalam simulasi head to head, pasangan Gus Ipul – Anas dan Khofifah – Emil hanya terpaut tipis.

Gus Ipul-Anas yang memperoleh suara sebanyak 36.2 persen ditempel ketat pasangan Khofifah-Emil yang mengantongi dukungan 33.9 persen dari seluruh responden.

Peneliti Senior SSC
Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam (Moh Mukit/jawapos.com)

Sementara untuk undecided voters atau yang belum menentukan pilihan sebanyak 29.9 persen. Responden beralasan tidak mau terburu-buru dalam menentukan pilihan.

Menurut Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam mengatakan, dua pasangan calon tersebut dianggap sepadan, karena kedua sama-sama memiliki plus minus yang hampir sama. Misalnya, baik Gus Ipul – Anas maupun Khofifah – Emil semuanya warga Nahdatul Ulama (NU).

“Keduanya ini sama kuat dalam citra dan reputasi. Kalau sudah begitu pemanfaatan momentum dan daya jangkau menyapa pemilih di akan menjadi faktor krusial dan sangat menentukan,” ujar Surokim disela pemaparan di Surabaya, Rabu, (13/12).

Surokim melanjutkan, jika nantinya poros baru tidak jadi terbentuk dan memaksa head to head Gus Ipul – Anas dan Khofifah – Emil. Maka, pertarungan sengit pun tak terelakkan, khususnya di wilayah Arek, Pandalungan dan Madura.

“Siapa saja yang memenangkan hati di wilayah itu maka potensi kemenangan cukup terbuka, dan di wilayah itu dibutuhkan energi politik yang besar,” imbuhnya.

Faktor penentu lainnya, kata Surokim, kandidat harus memiliki modal ekonomi yang memadai. Pasalnya di tiga wilayah tersebut potensial money politik cukup tinggi.

“Siapa yang kuat secara modal ekonomi dan memiliki jaringan yang baik dengan Kyai serta birokrasi menurut saya juga akan mendapatkan suara signifikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, survei ini digelar di 38 Kab/Kota di Jatim pada kurun waktu 25 November-8 Desember 2017 dengan melibatkan 940 responden menggunakan teknik pencuplikan secara Rambang berjenjang (Stratified Multistage Random Sampling) dengan Margin of Error +/- 3.2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : admin

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Simulasi Pasangan, Gus Ipul-Anas Menang Tipis