alexametrics
DESA MELANGKAH

Kompak dengan Beragam Kegiatan Positif

12 Juni 2017, 22:34:40 WIB

JawaPos.com – Beragam kegiatan dengan spirit religi banyak mengisi bulan suci. Di Kecamatan Waru, misalnya. Sebanyak 17 desa di kecamatan yang berbatasan dengan Surabaya itu kompak mengikuti Festival Ramadan selama empat hari. Minggu (11/6) merupakan hari terakhir. Acara itu ditutup festival hadrah albanjari.

Ada 27 grup yang tampil. Selain salawat, ada kompetisi pidato untuk anak-anak dan salawat diba’. ’’Ada juga kompetisi patrol. Terdapat 20 grup yang turut meramaikan,’’ ujar Khoirun Nasirin, pelaksana kegiatan.

Grup musik patrol tersebut tidak hanya tampil di Pendapa Kecamatan Waru. Mereka juga keliling menampilkan patrolnya dengan start dari parkiran Kalvari Perum Makarya Binangun Janti atau di depan garasi PO Menggala. Dalam perjalanan, peserta tampil dengan satu lagu bebas.

Kompak dengan Beragam Kegiatan Positif
KESENIAN DESA: Selain bazar, ada lomba hadrah albanjari antardesa. (Arya Dhitya/Jawa Pos/JawaPos.com)

Selain mengisi acara dengan beragam kompetisi, menjelang berbuka selalu ada bazar yang diadakan di lingkungan kantor Kecamatan Waru. Beragam produk warga dipamerkan. Seluruh desa wajib mengikuti. Namun, hanya ada sekitar empat desa yang mengikuti bazar dalam sehari. ’’Bergiliran. Isi stan yang berjualan itu macam-macam, tetapi kebanyakan makanan dan minuman yang laris saat Ramadan,’’ kata Nasirin.

Dengan kegiatan tersebut, seluruh lapisan masyarakat turut terlibat. Baik pemuda, ibu-ibu, bapak-bapak, maupun anak-anak. ’’Mulai dari Forkopimka Waru, kepala desa, para pengurus Majelis Wakil Cabang NU Waru, sampai semua Badan Otonom NU di Waru terlibat,’’ kata Camat Waru Fredik Suharto.

Fredik menambahkan, kegiatan-kegiatan positif itu akan terus dilaksanakan. Selain bertujuan untuk menumbuhkan bakat dan potensi di masing-masing desa, juga menjalin silaturrahmi. ”Tentu, bukan hanya tentang menang dan kalah dalam kompetisi bersangkutan. Tapi, bagaimana kita bisa selalu guyub dan rukun. Sebab, hal itu menjadi modal kuat,” ujarnya.(uzi/c15/hud)

Editor : Suryo Eko Prasetyo


Close Ads
Kompak dengan Beragam Kegiatan Positif