alexametrics

La Nyalla Diusung Gerindra, Ini Sikap PAN Jatim

Terkait Pilkada Jatim 2018
11 Desember 2017, 16:42:26 WIB

JawaPos.com – Setelah mendapatkan surat resmi dari DPP Gerindra sebagai bakal calon Gubernur Jatim pada Pilkada Jatim 2018, La Nyalla Mattalitti terus melakukan pendekatan intensif dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Namun hingga hari ini, Pan belum memutuskan apa-apa soal dukung mendukung terkait Pilgub jatim 2018.

Sekretaris DPW PAN Jawa Timur, Basuki Babussalam mengatakan, partainya hingga saat ini masih belum menentukan pilihan. Terkait Nama La Nyalla, kata Basuki, PAN sudah mempersiapkan segala kemungkinan, tertmasuk melakukan berbagai pertimbangan dan konsultasi dengan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jatim.

 “PAN terus mengkaji semua proses. Hingga putusan ditetapkan setelah berkoordinasi vertikal dan horisontal. Serta berkonsultasi dengan Muhammadiyah dan tokoh lintas golongan di Jawa Timur,” kata Basuki kepada JawaPos.com Senin (11/12).

Basuki menambahkan, nama La Nyalla cukup baik dimata PAN, bahkan Basuki menyebut La Nyalla setara dengan kandidat lain seperti Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa.

“Baik Pak Syaifullah Yusuf, ada Ibu Khofifah, ada Pak La Nyala Mattaliti, semua adalah kader terbaik. Dan sampai hari ini posisi kandidat relatif sama. Belum ada yang terlalu dominan. Keseimbangan posisi dukungan bagi calon yang selama ini ada, memberikan keyakinan bagi PAN bahwa siapapun yang didukung PAN akan memiliki potensi akan menang,” imbuh Basuki.

Basuki pun optimis, kendati  dinilai lamban dalam menetukan pilihan. Namun, siapapun nanti yang akan diusung PAN akan berpeluang untuk memenangkan pesta deokrasi lima tahunan tersebut.

“PAN Jatim punya pengalaman, siapapun yang didukung PAN selama tiga periode ini alhamdulillah selalu menang. Hal ini karena PAN Jatim sebelum membuat keputusan selalu berkonsultasi dengan banyak pihak. Khususnya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyah Jawa Timur, para kyai, dan tokoh masyarakat di Jatim,” pungkasnya.

Sementara itu pengurus DPD Partai Gerindra Jawa Timur menyambut keputusan DPP Gerindra terkait pencalonan La Nyalla Mattalitti. Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, menegaskan DPD Gerindra Jatim akan mematuhi segala keputusan yang diambil oleh DPP, termasuk penunjukan La Nyalla. “DPD patuh tanpa reserve pada putusan DPP dan seluruh perintah Ketua Umum,” tegas Sadad kepada JawaPos.com, Senin, (11/12).

Sadad berharap, La Nyalla bisa memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan  Gerindra. Bahkan, DPD Gerindra Jatim menyatakan kesiapannya untuk membantu La Nyalla dalam mencari dukungan dari partai lain.

“DPD berharap Pak La Nyalla bisa menjalankan perintah tersebut dengan sebaik-baiknya.  Jika dikehendaki, DPD siap membantu Pak La Nyalla untuk berkomunikasi dengan parpol lain,” pungkas Sadad.

Sebelumnya, Partai Gerindra resmi menunjuk La Nyalla Mattalitti untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Jatim. La Nyalla memperoleh surat mandat resmi dari Partai Gerindra yang ditandatangani langsung ketuanya Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani, dengan nomer surat 12-0036/B/DPP-GERINDRA/ Pilkada/2017. Surat tersebut ditandatangani pada  10 Desember 2017.

 Dalam surat tersebut tertera beberapa syarat yang harus dipenuhi La Nyalla, bila ingin maju sebagai calon gubernur dari Partai Geridra.  Diantaranya, memastikan dukungan dari partai lain untuk melengkapi persyaratan pencalonan dan menyiapkan kelengkapan pemenangan.

Surat tersebut juga memberi batas waktu hingga 20 Desember kepada La Nyalla. Namun, jika pada batas waktu yang ditentukan belum terpenuhi maka surat tersebut otomatis tidak berlaku.

Editor : admin

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
La Nyalla Diusung Gerindra, Ini Sikap PAN Jatim