JawaPos Radar

Delapan Jam Padamkan Kebakaran Gudang Kayu

11/10/2016, 17:46 WIB | Editor: admin
Delapan Jam Padamkan Kebakaran Gudang Kayu
MUDAH TERBAKAR: Petugas PMK Kota Surabaya berjibaku memadamkan api. (Relawan PMK Surabaya for Jawa Pos/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com Sebuah gudang kayu di Jalan Tambak Osowilangun Permai Blok E/11 terbakar Senin (10/10). Banyaknya material yang mudah terbakar membuat petugas pemadam kebakaran kewalahan.

Dibutuhkan waktu sekitar delapan jam untuk memadamkan api hingga tuntas. Berdasar informasi yang diterima Jawa Pos, kebakaran terjadi pada pukul 07.40.

Tidak jelas dari mana titik api berasal. Penyebabnya juga masih dicari tahu. Tidak sampai lima menit, sebuah mobil PMK sudah tiba di lokasi.

Sadeli, salah seorang petugas bongkar muat di gudang tersebut, mengatakan bahwa api tiba-tiba sudah membubung tinggi. Pada saat bersamaan, terdengar teriakan kebakaran bersahutan.

”Asap hitam itu sudah naik. Beberapa orang lari,” kata Sadeli. Embusan angin membuat api cepat menjalar. Bahkan, api semakin besar. Mobil PMK pun ditambah untuk mengatasi kebakaran.

Total ada 14 mobil yang dikerahkan. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya juga memakai skylift.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Chandra Oratmangun mengatakan, sekilas api memang tampak tidak terlalu besar. Petugas merasa yakin bahwa api pada permukaan luar kayu sudah padam.

Namun, ternyata masih ada api di dalam tumpukan kayu. ”Jadi, kayak api di dalam sekam begitu,” ujarnya. Untuk mengatasi hal itu, semestinya alat berat dikerahkan.

Namun, lantaran konstruksi bangunan rentan roboh, akhirnya cara tersebut urung dilakukan. Petugas menjebol tembok di tiga sisi agar api tidak merembet ke mana-mana.

Si jago merah melahap area seluas 600 meter persegi. Untung, tidak ada korban dalam peristiwa itu. Pukul 15.00 api benar-benar bisa dipadamkan.

’’Kami sempat kesulitan untuk mencari sumber air. Akhirnya, kami sedot lagi air semprotan yang masuk ke selokan,’’ tambah Chandra. (did/c7/fal/sep/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up