alexametrics

Asuransi Kendaraan Masuk Perda

9 September 2017, 18:35:34 WIB

JawaPos.com- Regulasi sering menjadi alasan program asuransi parkir yang digagas sejak 2016 tidak terlaksana. Sebelumnya, regulasi tersebut ditetapkan melalui peraturan wali kota (perwali) Surabaya. Kini ada perubahan. Regulasi dimasukkan perda parkir yang tengah direvisi.

Agenda revisi perda parkir sedang disiapkan. Memang banyak aspek yang akan dimasukkan. Salah satunya, parkir kawasan. Kini aturan yang menyangkut parkir kawasan masih belum detail. Nah, revisi tersebut bertujuan untuk mendetailkan permasalahan itu.

Pada saat bersamaan, dinas perhubungan memasukkan asuransi parkir. Aturan tersebut akan menjadi dasar pelaksanaan di lapangan. Item yang diatur, antara lain, besaran ganti rugi, proses pembiayaan asuransi, dan persyaratan di lapangan.

Kepala UPT Parkir Tepi Jalan Umum Dishub Surabaya Tranggono Wahyu Wibowo menyatakan, konsep asuransi parkir sudah matang. Tinggal regulasi sebagai dasar pelaksanaan di lapangan yang belum ada. Pihaknya tidak ingin tergesa-gesa. ’’Kami lebih yakin dimasukkan perda,’’ ucapnya.

Sebenarnya, Perda 1/2009 yang membahas parkir sudah menyinggung masalah asuransi. Pada perda tersebut dijelaskan bahwa penyelenggara tempat parkir oleh orang atau badan wajib mengasuransikan kendaraan. Jika kendaraan hilang di tempat parkir, penyelenggara parkir harus memberikan ganti rugi kepada pemilik kendaraan.

Aturan tersebut selaras dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. UU tersebut menegaskan tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen. Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian konsumen.

Ganti rugi yang dimaksud bisa berupa pengembalian uang atau penggantian barang. Nilainya diharapkan setara. Ada pula putusan Mahkamah Agung Nomor 1966 K/PDT/2005 yang mengungkapkan hal serupa. Pengelola parkir wajib memberikan penggantian kepada konsumen yang kehilangan kendaraan. ’’Aturan umum sudah ada, tinggal turunannya yang diperjelas di perda,’’ ucapnya.

Saat ini hampir tidak ada penyelenggara parkir yang mau memberikan ganti rugi jika ada kendaraan yang hilang. Biasanya, jukir yang dipaksa mengganti oleh pemilik kendaraan. Kenyataan tersebut memberatkan jukir di lapangan. ’’Kami ingin menjembatani masalah itu,’’ paparnya.

Editor : admin

Reporter : (riq/c15/oni)

Asuransi Kendaraan Masuk Perda