alexametrics

Pecatan Sopir Taksi Blue Bird Otaki Curanmor

9 April 2018, 18:17:13 WIB

JawaPos.com – Agung Priyanto, 40, warga Sidoyoso Wetan, Surabaya, harus menghabiskan hari-harinya di dalam jeruji besi. Pecatan sopir taksi Blue Bird tersebut menjadi otak pencurian sepeda motor (curanmor). Aksi tersebut dilakoninya di pul taksi Blue Bird Jalan Darmo Kali, Surabaya.

Kanit Reskrim Polsek Tegalsari Iptu Zainul Abidin menjelaskan, aksi curanmor dilakoni Agung pada 16 Maret lalu. Motor yang hilang adalah Honda Supra X bernopol L 6255 HL milik seorang driver bernama Suyoto, warga Kebonsari.

Butuh waktu dua minggu lebih bagi polisi untuk mengungkap kasus tersebut. “Awalnya kami mendapat laporan sehari setelah kejadian tersebut. Kami kemudian mengumpulkan keterangan saksi dan memeriksa CCTV yang berada di TKP,” jelas Abidin kepada JawaPos.com, Senin (9/4).

Saat memeriksa CCTV, polisi mendapati temuan yang sangat membantu penyelidikan. Di dalam rekaman terlihat gerak-gerik seorang yang mengenakan seragam biru-biru karyawan Blue Bird. Polisi lantas mencari informasi dari karyawan terkait sosok tersebut.

Dari sana, korps Bhayangkara mendapati bahwa orang yang terekam CCTV itu adalah Agung. “Pelaku ini sudah dipecat. Saat melakukan pencurian itu, dia sengaja memakai seragam agar tidak dicurigai orang-orang di sekitar TKP,” imbuh Abidin.

Setelah mengantongi identitas pelaku, polisi mulai mencari keberadaannya. Hingga akhirnya mereka mendapatkan info bahwa Agung kerap nongkrong di pangkalan taksi Blue Bird, Jalan Platuk Donomulyo. Polisi pun akhirnya meringkus Agung, Minggu (8/4).

Dalam pemeriksaan, Agung mengaku bahwa aksinya dilakukan bersama dengan temannya bernama Prayogi Nugroho, 31, warga Sidoyoso II. “Ternyata mereka sudah dua kali beraksi. Satu TKP lain di pul Platuk Donomulyo. Pelaku memakai kunci letter T untuk merusak rumah kunci,” beber Abidin.

Prayogi sendiri bekerja sebagai tukang service AC. Dia bertugas untuk mengawasi dari kejauhan. Motor Supra X yang dicuri itu dijual seharga Rp 1 juta. Hasilnya mereka bagi dua. “Mereka juga menyiapkan plat nomor palsu untuk menghindari kejaran polisi,” kata polisi dengan dua balok di pundak tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Pecatan Sopir Taksi Blue Bird Otaki Curanmor