JawaPos Radar

Cekrek, Lapor, lalu Upload Tindak Asusila di Ruang Publik

07/12/2017, 13:22 WIB | Editor: Miftakhul F.S
Mesum di Taman
KETAHUAN: Sepasang muda-mudi tertangkap basah berbuat mesum di kawasan Kenjeran, Surabaya. (Ahmad Khusaini/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com- Mahasiswa desain komunikasi visual (DKV) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN Jatim) punya gawe baru. Terutama mahasiswa semester V. Mereka getol mengajak masyarakat untuk melakukan hal-hal positif.

Mereka menggelar kampanye tentang gemar makan ikan, suka sapa, dan lain-lain. Ada pula yang aktif mengembalikan fungsi ruang publik. Salah satu tujuannya adalah mencegah tindakan asusila. Kampanye itu dikemas dalam gerakan sosial Celup (Cekrek, Lapor, Upload).

Koordinator Celup Fadhli Zaky mengatakan, Celup sudah berkampanye lima kali di tempat-tempat strategis. Di antaranya, taman dan kantin. Talk show dan pemutaran film juga dilakukan di kampus UPN.

Pemutaran film tersebut bekerja sama dengan Gresik Movie dan Kinne Komunikasi. Film berdurasi 18 menit itu berkisah tentang model pacaran anak zaman sekarang yang cenderung berlebihan. ’’Usia SMP hingga SMA, tapi gaya pacaran sudah pelukan dan ciuman,” kata Fadhli.

Bersama empat rekannya, Fadhli ingin mengajak masyarakat lebih peduli, terutama pada kenyamanan ruang publik. ’’Kalau menemukan tindak asusila di ruang publik, masyarakat bisa foto, kirim ke kami, lalu di-upload ke medsos,” tuturnya.

(puj/c18/ano)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up