JawaPos Radar

Ini Rute dan Jam Operasional Suroboyo Bus

07/04/2018, 14:20 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Suroboyo Bus
Kursi di Suroboyo Bus dibedakan untuk penumpang perempuan dan laki-laki. (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Suroboyo Bus resmi beroperasi mulai Sabtu (7/4) ini. Kehadirannya diharapkan mampu menjawab solusi kemacetan di Kota Pahlawan. Secara kapasitas, Suroboyo Bus mampu mengangkut 67 orang.

Jam operasional bus dengan luas 2,4 x 12 meter itu mulai pukul 06.00 WIB-22.00 WIB. "Rutenya terminal Purabaya-Rajawali pulang pergi. Untuk melihat jadwal kedatangan di setiap halte asal dan tujuan hingga posisi bus, bisa dicek melalui aplikasi GoBis," jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad.

Suroboyo Bus sangat memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan. Kursi penumpang dibedakan warnanya. Kursi berwarna pink diperuntuntukkan penumpang perempuan. Sedangkan penumpang laki-laki duduk di kursi berwarna oranye di bagian belakang. Pembedaan kursi dimaksudkan untuk meminimalisir tindak pelecehan seksual di dalam bus.

12 Camera Closed-Circuit Television (CCTV) terpasang di bagian dalam. Sedangkan di bagian luar, Dishub memasang 3 CCTV. "Pemasangan CCTV untuk memberikan rasa aman bagi penumpang," imbuh Irvan.

Untuk fitur-fitur keamanan lainnya, pintu bus dipasang sensor. Sehingga bila ada penumpang yang berdiri di dekat pintu, pintu tidak akan tertutup. Bus tidak akan berjalan sampai pintu benar-benar tertutup.

Suroboyo Bus juga punya sistem antisipasi situasi darurat. Misalnya jika mengalami kecelakaan sampai kebakaran. "Ada tombol di dekat pengemudi. Bila ditekan alarm akan berbunyi dan pintu bus otomatis terbuka," tambahnya.

Dishub Kota Surabaya juga mempersiapkan dengan matang rute perjalanan bus berwarna merah itu. Perjalanan Suroboyo Bus terintegerasi dengan pengaturan lalu lintas jalan. Pusat kontrol bus berada di Terminal Bratang dan Joyoboyo. "Jadi kalau bus ini melintas, lampu lalu lintas otomatis akan berwarna hijau," kata Irvan.

Desain bus disesuaikan dengan kondisi jalan di Surabaya untuk membuat penumpang nyaman. "Ketinggian pintu sejajar dengan pedestrian. Kalau ada penyandang difabel, asisten pengemudi bisa membantu untuk masuk ke dalam. Kami juga berharap anak-anak sekolah bisa memanfaatkan bus ini," ungkapnya.

Berikut rute yang dilalui Suroboyo Bus:

Rajawali-Purabaya:
- Halte Rajawali
- Halte Jembatan Merah
- Halte Veteran
- Halte Tugu Pahlawan
- Halte Alun Alun Contong
- Halte Siola
- Halte Tunjungan
- Halte Simpang Dukuh
- Halte Gubernur Suryo
- Halte Panglima Sudirman
- Halte Sono Kembang
- Halte Urip Sumoharjo
- Halte Pandigiling
- Halte Mojopahit
- Halte Raya Darmo
- Halte Marmoyo
- Halte Joyoboyo
- Halte RSAL
- Halte Margorejo
- Halte UINSA
- Halte Siwalankerto
- Halte Kerto Menanggal
- Terminal Purabaya

Purabaya - Rajawali:
- Halte Purabaya
- Halte Dukuh Menanggal
- Halte Siwalankerto
- Halte Taman Pelagi
- Halte RS Bhayangkara
- Halte UBHARA
- Halte PUSVETMA
- Halte Wonokromo
- Halte Joyoboyo
- Halte Museum BI
- Hale Rumah Sakit Darmo
- Halte Pandegiling
- Halte Basuki Rahmat
- Halte Kaliasin
- Halte Embong Malang
- Halte Blauran
- Halte Pringadi
- Halte Pasar Turi
- Halte Masjid Kemayoran
- Halte Indrapura
- Halte Rajawali.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up