JawaPos Radar

Simfoni Indah untuk Konser Amal

04/11/2016, 14:56 WIB | Editor: fimjepe
Simfoni Indah untuk Konser Amal
LANTUNAN AMAL: Elfonda Mekel alias Once bernyanyi diiringi orkestra. (Dika Kawengian/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com- Konser amal bertajuk Magical Music Night 2 yang diadakan di lantai 3 Grand City Convex malam itu (2/11) berlangsung seru. Deretan movie soundtrack legendaris, di antaranya Superman, Star Wars, dan The Magnificent Seven, dibawakan dengan iringan orkestra lengkap.

 Konser yang diselenggarakan Cancer Awareness Community (CAC) itu menggandeng Gleen Bagus sebagai music director dan Robert Casteel sebagai guest conductor. Mereka tampil bersama 65 musisi orkestra dari berbagai kota. Dengan tata panggung megah, sound dan lighting spektakuler, para penonton diajak seakan merasakan kembali atmosfer film dari soundtrack yang diperdengarkan.

 Sebagai orang yang pernah bergabung bersama Disney Orkestra, Amerika Serikat, Glenn menggarap konsernya dengan apik. Dia menata tempo melalui permainan pianonya. Suasana panggung yang bertema Cinema in Concert: Love, Hope, Faith itu pun begitu hidup.

 ’’Konser ini dipersiapkan sejak enam bulan yang lalu. Meski persiapan sedikit terhambat karena beberapa musisi datang dari luar kota dan susah menemukan waktu khusus latihan, saya harap bisa memberi suguhan yang memuaskan penonton,’’ ujar Glenn saat ditemui sebelum acara.

 Konser berlangsung selama dua jam. Sebanyak 15 lagu berformat orkestra disuguhkan. Turut tampil Once Mekel yang membawakan tiga lagu. Yakni Dealova, Symphoni yang Indah, dan Don’t Stop Believing. Para penonton, terutama yang duduk di kursi depan, tak ragu untuk turut menyanyi. Sementara itu, yang lain merekam dengan menggunakan handphone.

 ’’Ini kali pertama saya diiringin orkestra di Surabaya. Biasanya kan pakai band. Udah gitu, nggak latihan lagi. Hehehe,’’ ucapnya. Mantan vokalis Dewa 19 tersebut mengaku hanya melakukan persiapan sebulan. Itu pun hanya melalui iringan orkestra yang direkam di handphone.

 Dari terselenggaranya konser amal itu, Once berharap semakin banyak orang yang terbuka hatinya dan peduli akan penderita kanker. ’’Saya senang turut bergabung di konser ini karena misi yang dibawakan sangatlah baik,’’ tambah penyanyi yang berencana menelurkan album solo dan duet pada pertengahan tahun depan tersebut.

 Di tengah acara, Elisabeth Meliana, ketua CAC, menceritakan pengalamannya sebagai cancer survivor. Dari situ, hatinya tergugah untuk membuat wadah agar bisa membantu para penderita kanker dengan program-program yang ditawarkan. Salah satunya memberikan pekerjaan kepada orang tua yang memiliki anak penderita kanker supaya dampak ekonomi tidak terus-menerus berimbas ke anggota keluarga yang lain.

 Ada beberapa cara penggalangan dana saat konser berlangsung. Selain kotak amal yang disediakan di sudut-sudut pintu masuk, ada lelang berlian dan emas putih. ’’Ada satu liontin emas putih bergambar logo kanker yang dilelang. Liontin itu didesain khusus dan hanya diproduksi satu buah,’’ tutur Meliana. Dipandu MC, Kerie dan Imelda Fransisca, lelang liontin terjual seharga Rp 37 juta. Yang membelinya adalah Anita Prasetyo.

 Selain itu, bentuk donasi yang lain adalah penjualan sepuluh liontin dengan ukiran laser berbentuk wajah tiga tokoh kemanusiaan, yaitu Mother Teresa, Nelson Mandela, dan Mahatma Gandhi. ’’Harga satu liontin Rp 30 juta. Jika Anda membayar lebih, maka kelebihannya merupakan donasi,’’ jelasnya. Sesaat setelah diumumkan, beberapa tamu yang hendak membeli mengangkat tangan. Lalu, panitia yang sudah stand by segera menghampiri dan melayani pembayaran. Dari sepuluh liontin bergambar tokoh yang ditawarkan, tiga buah terjual. Liontin itu juga memiliki certificate of donation yang bisa diwariskan kepada anak atau keturunan dari pendonasi tersebut.

Acara itu dihadiri sekitar 1.500 penonton yang dibagi ke dalam beberapa kelas pembelian tiket. Ken Kurniawan Sutanto atau yang akrab disebut Chef Ken memberikan dukungan melalui hidangan untuk tamu VVIP dan VIP. Sekitar 2.000 snack dihidangkan plus cocktail. ’’Ini kali kedua saya ikut acara konser ini. Semua makanan yang disajikan saya sendiri yang buat dibantu dengan empat asisten,’’ terangnya. (esa/c19/dos)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up