alexametrics

Sandi Kurang Sreg dengan Harga Rumah Tapak Rorotan

4 Maret 2018, 02:55:01 WIB

JawaPos.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan tak ada campur tangan Pemprov DKI dalam pembangunan rumah tapak di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Namun, pihak pengembang sendiri yang ingin mengikuti program DP 0 Rupiah.

Menurut Sandi, pihaknya tak bisa menyelaraskan kerja sama. Alasannya karena PT Nusa Kirana sebagai pengembang sekaligus pemilik lahan, terlampau jauh menetapkan harga rumahnya.

“Ini memang 100 persen inisiatif swasta. Kami melihat memang dari segi harganya agak sedikit jauh dari skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Ini bukan skema FLPP,” ujarnya saat ditemui di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (3/3).

Rumah Tapak DP Nol Rupiah
Rumah tapak DP nol rupiah 'Pesona Rorotan' di Jakarta. (Evi Ariska/ JawaPos.com)

Hal itu sangat disayangkan karena program DP 0 Rupiah yang dicanangkan Sandi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak masa kampanye Pilkada DKI 2017 lalu, seharusnya menyasar kalangan menengah ke bawah, yakni warga berpenghasilan Rp 3,5-7 juta.

“FLPP itu dari segi skema harganya sangat jauh dari kisaran harga yang sudah berikan ancang-ancang oleh pengembang,” kata Sandi.

Namun begitu, kesepakatan program tidak pernah berubah. Sementara ini, Politikus Partai Gerindra itu mengaku masih mencari solusi dan akan melakukan pertemuan lanjutan dengan PT Nusa Kirana.

“Kita sepakati juga bahwa ini rumah yang dibutuhkan oleh warga Jakarta. Kita sepakati juga ini dikhususkan untuk warga dengan KTP DKI. Ini juga kita sepakati untuk warga yang belum memiliki rumah. Dan kita akan ada pertemuan lanjutan,” tuturnya.

Sebelumnya, Government Relation PT Nusa Kirana Dhiki Kurniawan mengatakan, harga rumah yakni Rp 350 juta per unit sudah tidak bisa diturunkan lagi meskipun demi menyelaraskan kerjasama dengan Pemprov.

“Turun sih mungkin ada, tapi nggak signifikan. Tapi tim perencanaan kami masih menghitung dan belum mengeluarkan angka,” jelas Dhiki saat dihubungi.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (yes/JPC)



Close Ads
Sandi Kurang Sreg dengan Harga Rumah Tapak Rorotan