alexametrics

Anies Imbau Warga Jakarta Tenang dan Beraktivitas Seperti Biasa

22 Mei 2019, 10:57:16 WIB

JawaPos.com – Ketegangan antara massa aksi 22 Mei dan aparat kembali terjadi di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Jalan MH Thamrin Jakarta, Rabu (22/5) pagi. Sekitar pukul 07.00 WIB massa terlihat masih kondusif. Mereka hanya menyayikan yel-yel dan salawat nabi.

Namun setelah hampir 1 jam berselang, massa mulai mendesak ke depan kantor Bawaslu RI. Barikade petugas yang berjaga pun berusaha menghalau massa. Akhirnya demonstran tertahan di dekat lampu merah Sarinah Thamrin.

Hingga akhirnya sekitar pukul 07.44 WIB massa melakukan perlawanan dengan melemparkan batu hingga botol air mineral ke arah barikade polisi. Kericuhan pun tak terhindarkan. Polisi coba memukul mundur para peserta aksi. Namun massa tetap melempari petugas hingga kawasan Hotel Sari San Pasific.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan terlihat melakukan inspeksi mendadak ke lokasi aksi 22 Mei di Kawasan Simpang lampu merah Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat untuk menemui demonstran.

Anies menjelaskan bahwa kedatangannya tersebut guna meninjau fasilitas kesehatan. Hal itu dilakukan dirinya mengingat sejak Rabu dini hari tadi massa peserta aksi tak sedikit terluka.

“Saya ke sini mau inspeksi fasilitas kesehatan kita dari semalam mereka membawa beberapa orang yang luka ke Rumah Sakit dan kita pastikan semua dirawat dengan baik,” ujar Anies di lokasi.

Anies mengimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di sekitaran lokasi aksi untuk tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

“Kalau ini kan daerah sini aja saya anjurkan warga Jakarta tenang aktivitas seperti biasa dan kalau kita bekerja seperti biasa Insya Allah ini semuanya akan berujung dengan tenang,” pungkas Anies.

Sampai dengan pukul 10.25 WIB massa mulai semakin ramai berdatangan. Mereka mulai berorasi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta tersengar pula pekik takbir.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads