alexametrics

PT Wika Ungkap Penyebab Jatuhnya Gantry Crane Proyek LRT Kelapa Gading

19 Oktober 2017, 18:51:19 WIB

JawaPos.com – PT Wijaya Karya (Wika) mengungkap penyebab jatuhnya portal gantry crane di sekitar area proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading.

Insiden itu berlangsung pada saat uji coba angkat beban yang dilakukan oleh pihak subkon pekerjaan lifting, PT Liftindo Putra Perkasa dihadiri oleh PJK3 (Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Sekretaris Perusahaan PT Wika Puspita Anggraini mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen untuk mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam pelaksanaan pekerjaan Proyek LRT Jakarta dan di seluruh area proyek.

Crane LRT Jakarta Jatuh
Crane LRT Jakarta yang jatuh di kawasan Kelapa Gading (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)

“Uji angkat beban atau lifting test dilakukan Wika sebagai kontraktor dan subkon pekerjaan lifting, PT Liftindo Putra Perkasa dihadiri oleh PJK3 (Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja) untuk alat portal gantry crane yang akan dipergunakan di lokasi tersebut,” ujarnya melalui keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Kamis (19/10).

Puspita menceritakan, pada saat pelaksanaan, terjadi pergeseran yang menyebabkan portal gantry crane roboh hingga menyebabkan kerusakan di area kerja. Kendati demikian, mereka segera mengevakuasi portal tersebut.

“Tim lapangan telah melokalisasi area terdampak untuk pengamanan termasuk penghuni yang ada di sekitar area tersebut, serta mengevakuasi portal gantry crane dan melakukan pemulihan dan perbaikan area terdampak dan sekitarnya,” tutur dia.

Proyek LRT Jakarta melakukan uji angkat beban di area Jalan Kelapa Nias Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara section 5B P150-P151, Selasa (17/10). Tujuannya, yakni lantaran lokasi terlampau padat lalu lintas dan diperlukan metode kerja khusus seperti penggunaan portal gantry crane. “Untuk mempermudah rekayasa lalu lintas sehingga aktivitas di area atau jalan tersebut dapat berjalan normal,” ungkap Puspita.

Setelah insiden terjadi, PT Wika langsung bergerak untuk penanganan, pemulihan, dan perbaikan. Sementara, pada hari Rabu (18/10) pagi pukul 05.00 lalu lintas sudah dapat berjalan normal. Hingga saat ini, proses investigasi masih terus dilakukan.

Editor : admin

Reporter : (cr3/ce1/JPC)

PT Wika Ungkap Penyebab Jatuhnya Gantry Crane Proyek LRT Kelapa Gading