alexametrics

6 Cara Sulap Hobi Jadi Karier yang Menjanjikan

31 Desember 2018, 11:00:05 WIB

JawaPos.com – Sebagaimana kalimat bijak katakan, ‘do what you love, and love what you do’, maka apapun yang dikerjakan berdasarkan kesukaan pasti menuai hasil maksimal, tak terkecuali jika Anda menjajal karier sesuai hobi. Namun, tak semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengubah hobi menjadi loncatan karier yang menjanjikan. 

Hambatan dalam berkarier pasti selalu ada, tapi tidak ada yang mustahil jika Anda berusaha dan berupaya untuk meraih sukses. Jika Anda ingin berkarier sesuai hobi, lakukan sekarang juga tanpa harus menunggu.

Lalu, bagaimana caranya? Jangan bingung, berikut cara sulap hobi jadi karier yang menjanjikan seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (31/12).

hobi, tips berkarir, bikin hobi jadi pekerjaan,
Jika Anda ingin berkarier sesuai hobi, lakukan sekarang juga tanpa harus menunggu. (Reed)

1. Mencintai dan Membagikan Hobi

Hobi tak hanya sebatas hobi saja, bila Anda jeli melihat peluang. Lakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobi yang bisa semakin mendekatkan pada peluang yang menjanjikan. Misalnya bagi yang hobi mendesain, Anda dapat membagikan ilmu mengenai desain kepada orang-orang yang juga hobi di bidang ini. Selain berbagi, Anda juga bisa bertukar ilmu sebagai modal untuk belajar.

Dalam proses ini, jangan lupa melakukan evaluasi terhadap hobi yang digeluti. Segera perbaiki segala kekurangan yang Anda temui agar hobi tersebut semakin berkembang dan mampu menghasilkan loncatan karier yang sempurna.

2. Menambah Wawasan Seputar Hobi

Jangan cepat berpuas diri apabila hobi tersebut membawa Anda ke jenjang karier yang semakin tinggi. Sebaiknya tambah terus wawasan Anda pada bidang yang berkaitan dengan hobi.

Ikuti rangkaian pelatihan atau seminar agar gairah untuk mengembangkan hobi semakin bertambah. Bagi yang berani mengambil risiko, Anda dapat menciptakan hal-hal baru seputar hobi. Misalnya bagi yang hobi mendesain, Anda dapat membuka kelas desain atau menjual perlengkapan desain yang lengkap. Pastikan upaya menambah wawasan yang Anda lakukan berjalan dengan baik. Dengan demikian, hasil yang didapatkan pun maksimal.

3. Menunjukkan Hasil Kreativitas

Tunjukkan perkembangan dan hasil kreativitas Anda kepada orang lain agar mereka semakin mengenal sosok Anda yang sebenarnya. Manfaatkan internet dan media sosial sebagai wadah untuk berbagi kepada semua orang.

Kemas hasil kreativitas Anda secara unik agar orang lain tertarik untuk meliriknya. Dalam praktiknya, Anda mungkin merasa ragu dan malu untuk unjuk diri kepada orang lain. Tapi hilangkan rasa ragu dan malu ini jika Anda ingin lekas berkembang.
Awalnya mungkin terasa sulit, namun semakin lekas Anda mencoba, semakin terbiasa pula Anda dengan segala situasi dan kondisi yang ada. Jadi, beranikan diri, ya?

4. Mengamati Perkembangan Hasil

Setelah menunjukkan kreativitas kepada khalayak umum, sekarang saatnya untuk mengamati perkembangan hasilnya. Lakukan sedikit riset untuk mengetahui seberapa besar antusiasme masyarakat terhadap kreativitas yang Anda bagikan.
Apabila masyarakat antusias, ini artinya Anda perlu lebih kreatif dalam mengembangkan hobi agar dapat menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Sukses tidak pernah lepas dari pengorbanan. Jika Anda ingin cepat sukses, curahkan tenaga,
waktu dan pikiran Anda untuk bersikap profesional dalam segala upaya mengembangkan hobi.

5. Meminta Bantuan Para Mentor

Ilmu yang dimiliki pemula tidak dapat disandingkan dengan ilmu pelaku usaha yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam berbisnis, jangan sungkan untuk bertanya dan meminta saran dari orang yang sudah ahli di bidangnya.

Atau gunakan alternatif lain, seperti mencari referensi berbisnis dari internet atau buku-buku. Semakin banyak referensi yang didapat, ilmu berbisnis yang Anda peroleh akan semakin kaya pula. Imbangi dengan praktik di lapangan untuk menambah pengalaman dalam berbisnis.

6. Bergabung pada Komunitas Kecil

Hobi yang Anda miliki pasti dimiliki oleh orang lain. Bergabunglah pada sebuah komunitas agar Anda dapat menjalin relasi dengan orang yang memiliki hobi yang sama. Relasi yang dimiliki jelas akan mempermudah langkah dalam mengembangkan bisnis karena anggota komunitas dapat dijadikan calon konsumen untuk mengonsumsi produk yang dihasilkan.

Bangun bonding yang kuat agar harmonisasi di dalam komunitas semakin mantap. Selain itu, jaga integritas komunitas untuk menghindari segala bentuk perpecahan. Dengan demikian, komunitas dapat mendatangkan hasil yang lebih maksimal di kemudian hari.

Segera Mulai dan Nikmati Prosesnya

Jika keputusan Anda untuk memulai karier dari hobi sudah bulat, segera lakukan dan jangan menunda-nunda waktu lagi. Nikmati proses yang ada. Apabila ada masalah, segera atasi agar masalah tersebut tidak berdampak bagi perkembangan bisnis di kemudian hari. Selamat menjajal cara menuju kesuksesan!

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ana/JPC)


Close Ads
6 Cara Sulap Hobi Jadi Karier yang Menjanjikan