alexametrics

Selalu Ingat 6 Tips Aman dari Covid-19 saat Belanja di Pasar Swalayan

28 Juli 2020, 07:07:59 WIB

JawaPos.com – Masyarakat diminta tidak boleh lalai dalam mematuhi protokol kesehatan, termasuk saat berbelanja di pasar swalayan. Sebab meski Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sudah diterapkan, tapi protokol kesehatan jangan ditinggalkan.

Sejumlah pasar swalayan berkomitmen untuk memfasilitasi masyarakat saat berbelanja agar aman dari pandemi Covid-19. Sebab klaster penularan di pasar swalayan bisa dicegah dengan cara disiplin antara pihak gerai swalayan dan pengunjung.

“Kami berusaha mengajak pengunjung untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupa juga setelah anda selesai beraktivitas luar ruangan maupun berbelanja, segera membersihkan diri dan berganti pakaian. Bersihkan juga produk-produk belanja anda untuk meminimalisir adanya virus Covid-19,” kata Head of Marketing Giant Indonesia, Tulus Prasetio, kepada JawaPos.com, Senin (27/8).

Salah satunya di gerai swalayan Hero Supermarket Pondok Indah Mall, beberapa protokol kesehatan yang diterapkan di antaranya:

1. Cuci Tangan dan Hand Sanitizer
Pihak swalayan menyediakan hand sanitizer di beberapa tempat yang mudah dijangkau. Manfaatkan sesering mungkin bersihkan tangan setelah anda memegang dan memilih produk. Walau telah disinfektan secara berkala tersedia di tempat-tempat yang rentan, tidak ada salahnya anda memastikan pembersihan tangan dengan hand sanitizer dan mencuci tangan ditempat yang telah disediakan.

2. Gunakan Masker
Selalu gunakan masker setiap keluar rumah. Pihak keamanan akan selalu mengecek pengunjung dan mengingatkan agar memakai masker.

3. Jaga Jarak aman
Pengunjung juga wajib menyediakan petunjuk untuk mengantri berjarak. Perhatikan selalu jarak aman anda dengan pengunjung lainnya, dengan begitu Anda meminimalisir kontaminasi.

4. Non Tunai
Usahakan melakukan pembayaran dengan debit untuk mengurangi kontak langsung dengan uang kertas. Caranya dengan pembayaran non tunai.

5. Bawa Catatan Belanja
Catat belanja kebutuhan bulanan. Daftar belanja bulanan akan membantu meminimalkan waktu memilih produk. Anda dapat mengambil ide-ide menu memasak yang patut dicoba di mailer yang barcodenya dapat diunduh digital. Lalu dengan harga teman dalam memilih bahan-bahan pokok dan produk yang segar.

6. Gunakan Delivery
Manfaatkan kemudahan lainnya agar bisa belanja dari rumah dengan berbelanja melalui Whatsapp
Delivery atau media sosial lainnua. Anda dapat memilih produk yang dibutuhkan dan barang-barang belanja akan diantar langsung ke rumah.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: