alexametrics

Bunda, Hindari Gatal dan Iritasi Pada Kulit Bayi Akibat Popok dengan 3

28 Juli 2020, 19:06:03 WIB

JawaPos.com – Musim kemarau membuat bayi dan anak usia batita yang masih memakai popok. Sengatan cuaca panas dan kesalahan memilih popok hingga lupa mengganti popok, bisa membuat kulit bayi menjadi lembab. Akibatnya, gatal, ruam dan iritasi bisa muncul.

 

Dalam Super Brand Day Pampers bersama Lazada dan Montessori Haus Asia lewat aplikasi virtual baru-baru ini, para orang tua diajak memahami tumbuh kembang bayi. Studi menunjukkan bahwa kebebasan bayi saat bergerak dan bermain berkaitan erat dalam perkembangan mental dan juga fisik mereka. Menurut sebuah studi, bayi pertama kali belajar berjalan saat mereka sedang melakukan aktivitas spontan kala bebas bermain.

 

Dengan membiarkan mereka bergerak secara bebas, mereka akan belajar cara mengkoordinasikan bagian tubuh yang berbeda dengan lebih baik dan bisa lebih percaya diri akan kemampuan mereka. Studi lainnya juga menunjukkan kemampuan bayi untuk menguasai gerak motorik mereka berkaitan erat dengan perkembangan kemampuan beradaptasi, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan kemampuan kognitif seperti daya ingat.

 

Oleh karena itu, selain dari hal-hal yang biasa orang tua lakukan untuk membantu perkembangan kemampuan mobilitas mereka, orang tua juga harus memastikan bahwa tidak ada yang membatasi cara bermain maupun gerak mereka. Hal ini berarti memungkinkan bayi dapat terus bermain tidak hanya di luar rumah namun juga di dalam kenyamanan rumah, dengan menjaga agar bayi tidak menggunakan popok basah dan tidak pas di tubuh sehingga menyebabkan hawa panas terperangkap di dalam popok dan berakibat pada ketidaknyamanan bayi dalam bergerak. Sebuah studi menunjukkan adanya berat popok seperti pada saat popok penuh, dapat menghambat mobilitas anak.

 

Disebutkan dalam Times Now News, Konsultan Neonatologis & Dokter Anak, Apollo Cradle, Bangalore, Dr Santosh N, MBBS, MD, memiliki beberapa kiat hebat yang dapat dilakukan bunda untuk mengatasi masalah pada bayi dari masalah yang berhubungan dengan musim kemarau. ’’Salah satunya adalah infeksi jamur. Anak mungkin bisa mengalami infeksi jamur di daerah-daerah seperti ketiak, di antara jari-jari kaki, dan selangkangan dan mengalami kemerahan dan gatal-gatal pada kulit,’’ ungkap dia.

 

Lalu, Apa Solusinya?

 

  1. Bedak

Orang tua bisa memberikan bedak secara teratur dan pastikan sering mengganti popok bayi. Jika bayi mengalami ruam, lepaskan pakaian dan biarkan dia rileks.

 

  1. Beri Krim Anti Ruam

Untuk mengurangi tanda merah dan gatal pada tubuh, Anda dapat menggunakan minyak kelapa, atau krim ruam popok. Konsultasikan dulu dengan dokter anak.

 

  1. Pilih Popok yang Tepat

Sebab bukan rahasia lagi kalau cuaca yang panas dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi bayi, bahkan dapat menimbulkan ruam popok. Pilihlah popok yang memberikan kenyamanan bernapas pas untuk kulit bayi, dengan pergerakan siklus udara yang menyeluruh karena adanya 10 juta microholes yang memungkinkan bayi bermain. Hingga kemampuan menyerap hingga 4 kali muatan air tanpa kompromi, memberikan rasa kering hingga 12 jam. Sehingga orang tua sekarang dapat duduk santai pada saat si kecil bermain dan bergerak secara bebas. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads