alexametrics
Kaleidoskop 2018

Mengagumkan, 8 Inspirasi Busana Saat Jakarta Fashion Week 2019

27 Desember 2018, 13:10:05 WIB

JawaPos.com – Jakarta Fashion Week 2019 menjadi salah satu ajang besar bagi para desainer Indonesia memperlihatkan hasil karyanya. Beragam tren pun lahir dengan DNA yang kuat dari masing-masing desainer. 

Ratusan busana dari puluhan desainer di JFW 2019 menunjukkan kalau panggung mode Indonesia memiliki sisi kreatifitas tanpa batas dan trus berkembang. JawaPos.com telah merangkum 8 inspirasi dari para desainer yang telah tampil di Jakarta Fashion Week, pada bulan Oktober lalu.

1. Busana Tabrak Motif Inspirasi New York – Dian Pelangi

kaleidoskop 2018, kaleidoskop lifestyle 2018, jakarta fashion week, jfw 2019,
Karya Dian Pelangi dan Sejauh Mata Memandang di JFW 2019. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Merepresentasikan jiwa muda yang aktif di kota Jakarta, Dian Pelangi terinspirasi dari suasana perkotaan New York. Ia menghadirkan busana tabrak motif mewakili anak muda yang ekspresif. Perpaduan busana khas Dian Pelangi ini dalam bentuk jaket dan blazer dengan celana cut bray. Ditambah belted look yang ramping dengan warna-warna berani. 

2. Busana Vintage ala Perempuan Paris – Barli Asmara

Suasana Paris digambarkan melalui siluet yang anggun seperti chiffon, lace, knits, dan leather dipadukan dengan detail polkadot, stripes, plaids danfloral. Seperti halnya mode zaman dulu menampilkan model lengan menggembung berwarna putih dan busana bermotif floral.

Terciptanya busana ini, Barli Asmara terinspirasi oleh pesona kota Paris yang romantis di Jardin de Tuileries, taman tertua dan terbesar di abad ke 17 yang terletak dari Place de La Concorde hingga Musee du Louvre.

3. The Faces – Rinaldy Yunardi

Pada penutupan JFW 2019 yang masuk dalam rangkaian Dewi Fashion Knights 2018, karya dari desainer Rinaldy Yunardi merupakan penampilan yang ditunggu-tunggu. Ia kembali memberi kejutan dengan tampilan out of the box-nya dalam tema Heroes. Lewat karya bernama ‘The Faces’ ini,  Rinaldy ingin menggambarkan beragam jenis wajah manusia dengan karakter masing-masing, dan bersama-sama menjadi pahlawan.

4. Busana Tenun Mickey Mouse – Didiet Maulana

Kolaborasi yang unik antara kain khas Indonesia yaitu tenun dengan Mickey Mouse. Desainer dari label Ikat Indonesia, Didiet Maulana memasukkan karakter Mickey Mouse yang menyatu dalam bentuk tenun.

Seperti dominasi logo Mickey head bentuk tenun pada scarf. Lalu ada juga T-shirt dengan gambar Mickey head pada bagian saku depan. Total koleksi easy to wear ini terdiri dari 50 variasi mulai dari pakaian, sepatu, scarf, aksesori, jaket bomber, sweater, jogger pants, sling bag dan boneka. Tak hanya untuk anak muda tetapi koleksi ini bisa juga dijangkau oleh semua kalangan.

5. Busana Rangers – Rani Hatta

Terinspirasi dari Power Rangers, Rani Hatta menciptakan busana oversized dengan tampilan warna neon berwarna warni. Sesuai dengan inspirasinya, Rani Hatta pun menamakan koleksinya bernama ‘Rangers’.

Terdapat 19 look dalam bentuk coat, parka, blazer, kemeja, dan hoodie. Bahan yang dipakai terbuat dari technical fabric seperti polyester  katun, walaupun tebal tetapi tetap dingin jika dipakai.

Agar lebih stylist, busana yang polos dengan warna neon ini bisa dipadu padankan dengan sepatu dan aksesori. Semua kalangan dari umur 18-40 tahun dapat memakai busana ini, dengan karakter tubuh kurus atau gemuk.

6. Busana Tenun Badai Pasti Berlalu – Anne Avantie

Dalam pagelaran Jakarta Fashion Week 2019 karya Anne Avantie, sempat menghebohkan netizen di social media. Bukan hanya karya dan pertunjukannya yang sangat menghibur, tapi kehadiranMenteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, sebagai muse.

Susi Pudjiastuti memakai kain tenun warna-warni sentuhan Anne Avantie sebagai outer dipadu dengan bustier. Lebih unik lagi dengan turban yang menutupi kepalanya ditambah boots dan kacamata.

7. Busana Resort Wear Wanderlust – Paulina Katarina

Suasana liburan di Pulau Santorini tergambar pada busana resort wear karya Paula Katarina. Koleksi bertajuk ‘Wanderlust’ ini didominasi dengan warna busana yang mencolok seperti warna langit yang terinspirasi dari laut, fuchsia dari bunga bugenvil, putih, dan biru yang dikombinasikan dengan aprikot berasal dari bangunan Yunani.

Busana yang dijadikan sebagai referensi berpiknik ini dibuat dalam bentuk dress, blazer, cardigan, frill juga diberi sentuhan motif dedaunan dan polos.

8. Busana Sejauh Mata Memandang – Chitra Subyakto

Balutan wastra Indonesia hadir dalam karya Chitra Subyakto dalam label ‘Sejauh Mata Memandang’. Ia menampilkan koleksi kain dominasi kuning, merah dengan motif batik. Dia mengadaptasi berbagai budaya seperti baju Lombok dan baju Sumatera dengan teknik batik tulis dan batik cap sebanyak 15 koleksi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (Inr/JPC)



Close Ads
Mengagumkan, 8 Inspirasi Busana Saat Jakarta Fashion Week 2019