alexametrics

Unik, Ikuti 5 Konsep Pernikahan yang Hemat dan Ramah Lingkungan

27 November 2019, 17:32:32 WIB

JawaPos.com – Bagi pasangan pengantin yang sedang bingung mencari konsep pernikahan, cobalah berpikir lebih sederhana. Isu lingkungan hidup dan pemanasan global sedang gencar dikampanyekan dunia. Apalagi jika Anda adalah seorang traveler, aktivis lingkungan, atau pencinta alam, cobalah mengikuti konsep pernikahan yang satu ini.

Saat pesta pernikahan, pernahkah terpikir berapa banyak limbah sampah yang terbuang? Setiap usai pernikahan bisa juga membuat sampah menumpuk.

Nah demi menyelamatkan lingkungan dan planet kita, bukan hanya cinta pada pasangan tetapi juga cinta kepada bumi. Maka dilansir dari Pink Villa, Rabu (27/11), ada beberapa konsep pernikahan yang ramah lingkungan, di antaranya,

1. Undangan Elektronik

Kartu atau undangan pernikahan memang terlihat indah. Dan ini cara yang bagus untuk mendesain undangan terbaik. Tetapi undangan fisik juga menghasilkan kertas dan sampah plastik yang sangat besar. Juga, seseorang yang Anda undang biasanya tidak menyimpan undangan pernikahan dalam waktu jangka panjang. Maka undangan fisik akan menjadi sampah. Undangan elektronik lewat media sosial lebih baik bagi lingkungan dapat mengurangi pemborosan kertas dan biaya pengirimannya lebih murah.

ILUSTRASI. Minimalisasi penggunaan plastik saat pesta pernikahan. (getting married)

2. Venue Pernikahan Bebas Plastik

Ganti sendok garpu plastik dan botol air dengan sendok garpu keramik atau logam. Dorong tamu untuk tidak membungkus kado mereka dalam kertas kemasan plastik. Pilih bunga segar, dedaunan kering, tirai kain dan pita kertas daur ulang.

3. Pastikan Ada Tempat Sampah

Beberapa pesta pernikahan bisa membuang makanan, bunga, dan barang-barang lainnya di tempat sampah. Mintalah perencana pernikahan untuk mengatur pemisahan limbah kering dan basah. Pastikan semua sampah dibuang dengan benar pada hari berikutnya.

4. Hemat Energi

Selain hemat kantong, Anda bisa menghemat energi dengan pemilihan lampu dan sound system yang berdaya rendah. Sehingga tidak terlalu memakan daya listrik.

5. Pernikahan Siang Hari

Pernikahan malam hari menghabiskan banyak energi untuk menyalakan lampu. Pernikahan di siang hari tidak hanya ramah lingkungan, cahaya alami juga bagus untuk mendapatkan foto yang menakjubkan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads