alexametrics

Benarkah Mengosumsi Gado-gado Bisa Merusak Diet?

26 Desember 2018, 11:45:20 WIB

JawaPos.com – Makan sayuran bisa jadi salah satu solusi memenuhi kebutuhan gizi saat menjalankan diet. Tetapi, ada beberapa orang yang menghindari makanan Gado-gado. Padahal ia tergolong makanan yang terdiri dari sayur-sayuran juga.

Lalu, benarkah Gado-gado bisa merusak diet?

Bagi sebagian orang ketakutan ini didasari oleh bumbu kacang dari Gado-gado. Karena kacang dianggap dapat merusak diet.

diet, makanan sehat, gado gado,
Suasana makan gado-gado saat Media & Community Gathering Youvit. (Youvit)

“Banyak yang beranggapan seperti itu (merusak diet) padahal kacang baik untuk kesehatan yaitu sebagai sumber protein dan memiliki vitamin E, omega 6, asalkan hindari kerupuknya saja dari gado-gado itu,” kata Rachel Olsen, ahli Nutrisi ketika ditemui di Media & Community Gathering Youvit, di kawasan SCBD, beberapa waktu lalu.

Selain kacang, yang sering dihindari oleh orang yang sedang melakukan diet adalah gula merah. Padahal gula merah juga baik untuk dikonsumsi, karena gula merah masih lebih baik daripada gula putih. 

Pada dasarnya tubuh juga masih membutuhkan gula, jadi tidak perlu takut dengan gula merah. Asalkan segala sesuatunya tidak dikonsumsi dalam jumlah porsi yang berlebihan.

Syarat mengonsumsi sayur yang baik tak harus dalam keadaan mentah seperti salad. Untuk konsumsi yang matang Anda bisa memasak dengan cara dikukus.

Mengukus masih tergolong lebih baik dibanding merebus karena vitamin dan mineral dari sayuran tidak larut dalam air, sehingga nutrisi yang dikonsumsi lebih banyak. Anda tidak perlu menyiksa tubuh dengan makanan diet yang hambar untuk dimakan. Gado-gado adalah salah satu makanan enak yang juga sehat untuk disantap.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (Inr/JPC)


Close Ads
Benarkah Mengosumsi Gado-gado Bisa Merusak Diet?