alexametrics

Desainer dan YJI Ajak Perempuan Peduli Jantung Sehat Lewat Fashion

26 Oktober 2018, 07:25:06 WIB

JawaPos.com – Perempuan umumnya mencintai fashion. Maka tak salah jika untuk menyampaikan pesan sehat akan lebih efektif lewat koleksi fashion. Dalam momentum perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) berkolaborasi dengan desainer ternama seperti Iwan Tirta Collection, Mel Ahyar, Auguste Soesastro, dan Chossy Latu.

Dengan tema ‘Go Red for Women’, YJI mengajak perempuan untuk menyayangi jantungnya agar lebih sehat dengan pola hidup lebih sehat. Sebab penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 terutama pada perempuan.

“Tujuan kami terlibat dalam ajang JFW dapat menjadi wahana komunikasi untuk memberi pesan dan menggaungkan kampanye Go Red for Women melalui para pecinta fashion. Sebab fashion identik dengan perempuan,” kata Ketua Umum YJI Esti Nurjadin dalam konferensi pers, Kamis (25/10).

Kampanye ‘Go Red for Women’ pertama kali dicetuskan oleh American Heart Association pada tahun 2003 sebagai kampanye yang dibangun untuk menginspirasi perempuan. Tujuannya melawan penyakit jantung dan memberi perhatian lebih fokus.

Ditandai dengan warna merah sehingga mengajak semua masyarakat menggunakan pakaian merah sebagai simbol dukungan kewaspadaan dan kesadaran perempuan yang rentan terhadap penyakit jantung. Sehingga merah identik dengan awas atau sadar bagi perempuan untuk hidup lebih sehat.

Salah satu desainer yang terkibat yaitu Mel Ahyar berkolaborasi dengan Iwan Tirta Collection untuk mengolah kain batik. Tak semuanya bernuansa merah, Mel Ahyar juga menggunakan warna hitam dan putih.

“Enggak hanya merah sih, saya juga gunakan hitam dan putih. Pesan sehatnya secara langsung enggak, tapi ini lebih kepada simbol bahwa ayo sama-sama kita lebih peduli dengan jantung kita lewat fashion,” jelas Mel Ahyar.

Sebagian hasil dari penggalangan dana melalui kampanye ‘Go Red for Women’ akan didonasikan melalui YJI bagi perawatan dan pengobatan anak-anak dengan kelainan penyakit jantung bawaan dari keluarga kurang mampu. Bertajuk ‘Nusantara Menjalin Hati’ adalah jalinan hati Iwan Tirta menampilkan bentuk kolaborasi bersama beberapa desainer muda untuk program YJI.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
Desainer dan YJI Ajak Perempuan Peduli Jantung Sehat Lewat Fashion