alexametrics

3 Kunci Perempuan Agar Tangguh dalam Karir

26 Juni 2019, 05:15:17 WIB

JawaPos.com – Saat ini, perempuan sudah banyak menentukan keputusan strategis dalam dunia karir. Kesuksesan dalam karir dengan kemampuan mereka kini sudah sejajar dengan pria. Tak ada lagi pengaruh gender yang membedakan kedudukan perempuan.

Banyak perempuan kini justru duduk sebagai pemimpin. Mereka mampu menghadapi tantangan-tantangan itu secara langsung dengan aksi dan eksekusi. Mereka mengejar hal-hal yang mereka inginkan dari pekerjaan dan karier mereka, bukan menunggu hal itu datang.

“Saya melihat emosi, gairah, dan kasih sayang perempuan adalah aset berharga untuk memacu diri lebih semangat dalam karir,” kata seorang pemimpin media Verizon Media di Amerika Serikat Mayra Attuy, seperti dilansir dari Bussiness News Daily, Rabu (26/6).

Sebuah studi Hewlett-Packard mengenai praktik perekrutan internal menemukan bahwa pria sering melamar pekerjaan ketika mereka memenuhi 60 persen kualifikasi. Sementara, perempuan baru berani melamar hanya jika mereka yakin 100 persen bakal mendapatkan pekerjaan itu. Buat perempuan, keyakinan ini tentunya harus diubah. Mereka harus punya rasa percaya diri yang sama seperti laki-laki.

Pendiri dan CEO Girls Who Code, Reshma Saujani mengatakan kesetaraan gender harus dilakukan sedini mungkin. Hal itu dimulai dari pola asuh orang tua. “Dengan kata lain, kita membesarkan anak perempuan kita menjadi sempurna, dan tidak membedakan mereka dengan anak laki-laki,” katanya.

Di Indonesia, Endah Watiningsih sebagai pengusaha perusahaan distributor medical equipment dan alat laboratorium membagi pengalamannya untuk bagaimana menjadi sukses di acara talkshow The Power of Women yang di selenggarakan oleh New Voices.

Menurut Endah Watiningsih, sukses itu bisa diraih oleh siapa saja dan ada kuncinya.

1. Dukungan Keluarga
Untuk meraih sukses selain izin Tuhan, mereka harus didukung penuh oleh suami atau pasangan dan keluarga. Sebab, tanpa dukungan tersebut belum tentu kesuksesan yang diraih menjadi kebahagiaan bagi perempuan.

2. Fokus
Bekerja harus fokus pada tujuan serta harus siap dengan rintangan. Bermanfaat untuk orang banyak menjadi motto utama mereka. “Harus siap berpahit pahit dulu, percaya sakit yang sekarang akan membuahkan hasil yang manis, kurang lebih seperti itu lah perumpamaannya,” ungkap Endah.

3. Menjadi Teladan
Menurut Endah, perempuan yang sukses harus bisa menjadi teladan dan motivator atau inspirasi untuk perempian lainnya. Sebagai istri dari Direktur utama PT Pegadaian, Endah mendukung program berkolaborasi dengan masyarakat sekitar pantai membersihkan sampah plastik untuk dibawa ke bank sampah agar bernilai ekonomis. “Hal itu dilakukan untuk menggugah minat masyarakat mengumpulkan sampah plastik yang sudah sangat memprihatinkan, lautan Indonesia tercemar sampah plastik nomor 2 dari beberapa negara di seluruh dunia,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads