alexametrics

Pecahkan Rekor MURI, Intip Keseruaan Memasak 1440 Mangkuk Soto Betawi

26 Mei 2019, 10:31:03 WIB

JawaPos.com – Masakan kuliner khas Indonesia memang selalu menggoda dan patut dijaga kelestariannya. Kali ini, untuk menambah pengalaman kuliner, ‘Sasa Street Food Festival’ menyajikan makanan khas Indonesia yakni Soto Betawi secara berbeda. Bahkan berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Sebab, acara yang diadakan di Central Park ini berhasil menyajikan 1440 mangkuk Soto Betawi untuk para pengunjung. Uniknya, para chef atau peserta yang ikut memasak Soto Betawi juga terdiri dari masyarakat, yang telah mendaftar secara online. Jadi dalam rangka ‘Memasak 1440 Mangkuk Soto Betawi Secara Estafet’ masyarakat tak hanya sekadar mencicipi.

“Peserta melakukan registrasi secara online dibantu oleh panitia. Alat masak sudah tersedia di meja-meja yang telah disiapkan, berikut dengan bumbunya,” ujar Albert Dinata, Marketing Manager PT. Sasa Inti dalam keterangan tertulis, Minggu (26/5).

Lalu, bagaimana prosesnya?

Para peserta diberikan bahan-bahan soto Betawi. Seperti daging, daun bawang, kuah soto, kentang, dan Sasa Santan. Dengan arahan memasak yang sudah ada, para peserta bisa langsung mulai mengolah bahan-bahan dan menambahkan santan soto Betawi menjadi lebih gurih dan enak.

Ia pun mengatakan festival kuliner kali ini bukanlah yang pertama dilakukan. Setidaknya sudah tiga tahun terakhir pihaknya terlibat dalam festival kuliner tradisional Indonesia.

“Kegiatan ini selain melestarikan kuliner Indonesia, juga memperkenalkan cara penggunaan produk Sasa Santan, yang bisa dikonsumsi tanpa perlu dimasak. Lagipula soto betawi kan kuliner khas Indonesia dengan kuah yang gurih dan menggunakan santan sebagai salah satu bahan dasarnya,” sambung Albert.

Selain itu, acara ini memang sengaja diadakan untuk merayakan Ramadan. Makanya, ungkap Albert, pihaknya sengaja mengambil angka 1440 yang menunjukkan tahun Hijriah Ramadan kali ini.

Sekadar informasi, selain pemecahan rekok MURI, ‘Sasa Street Food Festival’ juga dimeriahkan beberapa kuliner tradisional lainnya. Seperti Empal Gentong Cirebon, Gultik Bi Sondah, Kopi Tuku, Nasi Goreng Kebuli Apjay, Nasi Bekti, Dendeng Minang Pride, Lontong Medan Kak Putri, Pingkan Menado, dan 30 tenant lainnya.

Bahkan, para pengunjung diajak memasak bersama lewat Cooking Demo bersama in house Chef Sasa, Chef Rendy Kong. Adapula Cooking Battle yang terbuka untuk umum serta Meet and Greet bersama Kiko, cast film koki cilik 2.

“Untuk mengisi waktu pengunjung menjelang Maghrib, Kultum Sore juga ada yang akan diisi oleh Ustad Munawir ngacir. Sasa Streef Food Festival kali ini juga kedatangan Food Influencer ternama seperti Nex Carlos dan Magdalena, serta yang tidak kalah seru penampilan dari Maliq & D’essentials dan RAN,” tutupnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads