alexametrics

Inspirasi Lebaran Bergaya Timur Tengah dengan Sentuhan Tradisional

26 Mei 2019, 10:03:52 WIB

JawaPos.com – Lebaran biasanya identik dengan busana polos berwarna pastel. Tapi, jika ingin tampil beda, tak ada salahnya mengenakan busana dengan sentuhan tradisional namun bergaya Timur Tengah. Tentunya dengan permainan pattern yang unik.

Yup, lewat tangan dingin para desainer dan label lokal, kain tradisional siap menjelma dalam model kekinian yang mampu bersanding dalam kegiatan apapun. Tak terkecuali menemani jamuan silaturahmi bersama keluarga saat Lebaran.

Lewat ‘Ramadan in Style’, desainer dan brand lokal menunjukkan busana dengan sentuhan tradisional yang tetap bisa terlihat chic dan stylish untuk Lebaran. Seperti yang ditunjukkan SVARNA by IKAT Indonesia. Label yang digawangi desainer Didiet Maulana ini menunjukkan perpaduan kain songket dengan gaya Timur Tengah.

Mengusung tema ‘Tirta Kirana’, Didiet memang terinspirasi dari kelembutan sinar rembulan lewat warna-warna yang lembut seperti soft orange dan sky blue. Tapi, untuk yang mau tampil berani, ia juga mengemas busana dalam permainan earthy tone.

Koleksi modest wear dengan sentuhan tradisional dipadupadankan gaya Timur Tengah. (Nurul Adriyana/JawaPos.com)

Menampilkan 15 looks, koleksi SVARNA by IKAT Indonesia memamerkan paduan kain songket dengan material sutera dan organza. Untuk potongannya, Didit mengedepankan teknik puffed dan siluet yang cenderung organik.

Inspirasi gaya Timur Tengahnya, Didiet tuangkan dalam baju berpotongan longgar seperti long gown dan cape. Agar terkesan lebih mewah, aksen payet, kristal, dan bordir pun ditambahkan.

“Siluetnya unik seperti oversized, bukan dress aja tapi aja juga pants dan long top yang praktis untuk Hari Raya,” ujar Didiet dalam konferensi pers beberapa waktu lalu di Plaza Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Didiet pun menunjukkan paduan busana Hari Raya-nya dengan turban. Penggunaan Turban dirasa bisa mempercantik tampilan. Terlebih untuk kaum urban yang ingin lebih simple namun tetap chic saat Silaturahmi di momen Lebaran.

Selain SVARNA by IKAT Indonesia, label lain yang terinspirasi busana Timur Tengah adalah Parang Kencana. Masih dengan teknik batik, Parang Kencana mengusung tema ‘Sahra’ yang terinspirasi dari pakaian sehari-hari masyarakat Dubai yaitu Abaya.

Dengan didominasi warna hitam dan ungu, Parang Kencana menghadirkan kaftan, blouse, tunik, celana panjang serta outer dengan potongan longgar. Agar lebih nyaman bergerak saat Hari Raya, material yang digunakan pun mengedepankan silky look and feel seperti viscose.

Sedangkan untuk menggambarkan sisi feminin, terlihat motif bunga dengan paduan motif geometris yang juga terinspirasi dari ornamen atau kemarik khas Dubai. Untuk Anda yang tak berkerudung, bisa memadukan busana Parang Kencan dengan aksesori berupa bandana kain dengan simpul pita.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads