alexametrics

Rahasia Sukses Jadi Mompreneur Ala Maudy Koesnaedi

26 April 2019, 07:06:35 WIB

JawaPos.com – Tanpa menghilangkan kodratnya sebagai seorang istri dan ibu, perempuan kini bisa lebih leluasa membangun karirnya. Namun sebagai Mompreneur, seorang perempuan tentu membutuhkan dukungan suami dan keluarga agar bisa terus maju.

Seperti yang diungkapkan Maudy Koesnaedi dalam talkshow ‘Mompreneur: Dari Rumah Menjadi Ibu Pengusaha Mandiri’ yang diadakan Danone-AQUA beberapa waktu lalu. Aktris yang namanya melambung lewat serial televisi ‘Si Doel Anak Sekolah’ ini mengungkapkan salah satu rahasia untuk sukses sebagai mompreneur adalah adanya komunikasi yang baik dengan suami.

Komunikasi diperlukan agar bisa saling memahami keadaan masing-masing. Terlebih sebagai seorang ibu yang aktif, tantangan ketika bekerja itu tak semudah pria.

Sebab ada saja kejadian tak terduga. Misalnya, ungkap Maudy, ketika anak jatuh sakit seperti demam tapi dirinya tetap bisa menjalani pekerja sesuai kontrak yang sudah disepakati dengan bantuan suami.

“Penting sekali dukungan keluarga. Saya rasa, saya beruntung bisa mendapatkan dream team seperti ini. Tak hanya suami tapi juga Mbak dan Mas yang ada di rumah,” papar Maudy.

Baginya, meski suami dan anak adalah anggota keluarga yang paling dekat dengannya. Tapi, ia mengingatkan agar tak melupakan berhubungan baik dengan keluarga besar seperti kakak dan adik.

Keluarga besar pun perlu tahu apa yang sedang dikerjakannya. Menurutnya, mereka bisa memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan karirnya.

“Dengan demikian punya support system yang luar biasa di sekitar, itu bisa mendukung pekerjaan kita,” sambung produser Teater Abang None ini.

Aktris Maudy Koesnaedi, bersama Vice President Sales Operation Eva Lusiana, Perencana Keuangan dan penulis buku Yosephine P. Tyas, dan perwakilan dari ibu pengusaha AHS Yetty dalam talkshow “Mompreneur: dari rumah menjadi ibu pengusaha mandiri” . (Danone-AQUA)

Ia pun mengingatkan, ukuran sukses seseorang bukan hanya dilihat dari materi yang didapatkan. Tapi juga jaringan dan pertemanan yang luas, yang bisa memberi ruang atau kesempatan untuk berkarya.

Bicara soal pilihan berkarirnya, Maudy memang tak menampik kalau lebih suka berkarya ketimbang kumpul-kumpul tak jelas. Tak hanya sekadar berkarya, tapi ia memilih tipe pekerjaan yang bisa bermanfaat bagi lingkungan.

Seperti pergerakan yang terus ia lakukan untuk memperkenalkan seni Betawi. Sebab menurutnya, anak zaman now kurang memiliki akses atau kesempatan untuk mengenal budaya.

“Nah saya merasa ini bisa memberikan energi yang baik juga untuk saya, yang menginspirasi. Saya merasa di usia saya udah gada waktu yang panjang kecuali melakukan hal-hal yang baik,” tambah Maudy.

Perlu diketahui, talkshow bertema ‘Mompreneur: Dari Rumah Menjadi Ibu Pengusaha Mandiri’ memang digelar Danone-AQUA sebagai bentuk dukungan pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama ibu rumah tangga anggota AQUA Home Services (AHS).

Danone-AQUA juga sepakat dengan Maudy kalau ibu rumah tangga (IRT) juga bisa menginspirasi lewat pekerjaan. Untuk itu sejak tahun 2008, Danone-AQUA mulai gencar menjalankan gerakan AQUA Home Services (AHS).

AHS sendiri memang ditujukan untuk mendukung pemberdayaan perempuan khususnya IRT. Lewat AHS, ibu-ibu rumah tangga akan dibekali untuk mengembangkan bisnisnya. Sekaligus berkontribusi bagi peningkatan kesehatan masyarakat.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads