alexametrics

Setelah Berolahraga Tidak Boleh Minum Air Dingin, Mitos Atau Fakta?

26 Februari 2019, 14:15:03 WIB

JawaPos.com – Minum air putih dingin setelah berolahraga memang nikmat. Dahaga terasa lebih terpuaskan jika minum air putih dingin dibandingkan air bersuhu normal usai berolahraga.

Tapi ada anggapan bahwa minum air dingin setelah berolahraga justru bisa membuat tubuh jadi sakit. Mitos atau fakta?

“Air dingin itu tidak apa-apa untuk dikonsumsi. Cuma, kalau memang lagi sakit atau mereka kena infeksi itu baru yang masalah,” kata Rachel Olsen, Nutrition Expert Youvit, ketika di acara berbagi pengetahuan Youvit Media & Community Fit Kids, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

mitos atau fakta, air putih, fakta air putih, minum air putih yang baik,
Rachel Olsen, Nutrition Expert Youvit, ketika di acara berbagi pengetahuan Youvit Media & Community Fit Kids, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (25/2). (Inri Sembiring/JawaPos.com)

Ia mengatakan, ketika berolahraga suhu tubuh akan naik sehingga saat minum air dingin akan menjadi normal. Justru yang membahayakan ketika minum air hangat setelah berolahraga karena bisa menyebabkan pingsan.

Tak usah khawatir mengenai suhu air dingin, namun yang perlu diperhatikan adalah air apa yang dikonsumsi. Hindari air yang bergula atau susu krim tinggi lemak.

Selama Anda mengonsumsi air yang cukup dan air putih tanpa tambahan apa pun akan tetap aman. Setelah berolahraga Anda dapat minum air putih minimal satu gelas. Untuk sehari dapat mengonsumsi 7-8 sehari (dewasa) atau 6-7 gelas sehari (anak-anak).

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor : Fersita Felicia Facette


Close Ads
Setelah Berolahraga Tidak Boleh Minum Air Dingin, Mitos Atau Fakta?