alexametrics

5 Cara Mudah Agar Mesra Lagi dengan Pasangan Usai Bertengkar

26 Februari 2019, 13:10:36 WIB

JawaPos.com – Permasalahan di dalam hubungan pasti akan selalu ada. Menyatukan dua manusia dengan pikiran yang berbeda seringkali menimbulkan kesalahpahaman. Maka jika sudah bertengkar, ada baiknya salah satu pihak mengalah agar masalah tak semakin meruncing.

Bersikap dewasa ketika bertengkar dengan pasangan adalah cara paling bijaksana. Banyak orang mengatakan, biasanya usai bertengkar pasangan justru akan kembali mesra dan lengket. Sehingga pertengkaran seringkali dianggap bumbu dalam sebuah hubungan. Hanya saja jangan terlalu lama, sebab bisa berakibat buruk dalam hubungan yang tak sehat.

Dilansir dari YourTango, Selasa (26/2), ada cara mudah agar pasangan bisa lebih mesra pasca pertengkaran dan memaafkan satu sama lain. Kuncinya adalah saling menghargai dan komunikasi.

tips percintaan, cara bikin mesra hubungan, cara baikan dengan pasangan, sikap mesra usai bertengkar,
Bersikap dewasa ketika bertengkar dengan pasangan adalah cara paling bijaksana. (Goalcast)

1. Belajar Mendengarkan

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan apa pun. Tapi sering keliru jika hanya satu arah. Bagaimana dalam hubungan bisa mengomunikasikan kebutuhan, pikiran, dan perasaan. Bagaimana bisa mendengarkan dengan tulus.

2. Singkirkan Ego

Memprioritaskan ego di atas pikiran dan perasaan pasangan adalah hal negatif yang merusak hubungan. Hentikan menyalahkan, manipulasi dan egois. Cobalah introspeksi diri. Bisa jadi pola hubungan di masa lalu dengan orang lain sebelumnya masih membayangi sifat tersebut.

3. Puji Pasangan

Terkadang seseorang lupa menghargai semua hal kecil yang pasangan lakukan untuk Anda. Anda mungkin lupa bahwa hati seperti tanaman yang perlu disiram agar bisa berkembang. Kata-kata pujian dan apresiasi seperti air dan sinar matahari bagi tanaman. Sering ucapkan terima kasih dan pujian atas apa yang dilakukan pasangan.

4. Perhatikan Bahasa dan Gestur Tubuh

Bukan apa yang akan dikatakan tetapi bagaimana Anda menyampaikan sesuatu hal yang penting. Sangat penting untuk selalu menyadari bagaimana gestur dan ekspresi saat berbicara dengan pasangan. Jangan menyilangkan tangan saat berdebat dan turunkan nada kasar.  Salah satu cara untuk mempertahankan nada netral dan bahasa tubuh yang adalah dengan mendiskusikan masalah dengan kepala dingin.

5. Jangan Mengkritik

Ketika berada di tengah-tengah diskusi yang panas, kata-kata yang terlontar seringkali di luar akal sehat. Bicaralah pada saat berdua berkepala dingin dan tenang. Tunggu sampai argumen selesai dan berdua sudah tenang. Saat itulah pasangan lebih mungkin mendengarkan pendapat satu sama lain.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads
5 Cara Mudah Agar Mesra Lagi dengan Pasangan Usai Bertengkar