alexametrics

7 Tips Bersihkan Perhiasan Agar Tetap Indah dan Bebas Kuman

25 Maret 2020, 13:24:39 WIB

JawaPos.com – Koleksi perhiasan dari mulai berlian hingga batu permata dan logam mulia, sangat penting untuk dirawat. Maka Anda harus mengetahui cara membersihkannya.

Maka agar perhiasan tetap indah dan punya nilai investasi yang tinggi, lakukanlah cara untuk merawatnya. Selain itu, sangat penting untuk mempraktikkan kebersihan perhiasan agar terbebas dari kuman.

Dilansir dari Pop Sugar, Rabu (25/3), Desainer Perhiasan Ashley Zhang, Grace Lee, dan Katherine Kim dari KatKim membagi tips untuk membersihkan perhiasan. Apa yang seharusnya dan jangan dilakukan.

1. Pembersih Terbaik

Untuk pembersihan di rumah, Katherine menyarankan sediakan mangkuk kecil dengan air hangat dan menambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring. Anda dapat merendam perhiasan di sana selama sekitar 5 hingga 10 menit.

Ilustrasi cara membersihkan perhiasan. (Gem gossip)

“Setelah mandi, Anda dapat mengambil sikat gigi yang lembut untuk menghilangkan residu dan membilas sisa sabun di bawah air hangat,” katanya.

“Setelah digosok dengan lembut, untuk mengeringkan cincin gunakan kain lembut untuk mencegah goresan,” tambahnya.

2. Benarkah dengan Cuka Apel?

Cuka sari apel organik dan campuran soda kue boleh digunakan untuk membersihkan perhiasan, menurut Grace. Lalu gosok dengan lembut dengan sikat gigi bayi lembut dan kemudian bilas perhiasan di bawah air mengalir dengan menutup saluran pembuangan.

3. Bolehkah Pakai Hand Sanitizer?

Bahan aktif utama di sebagian besar pembersih tangan adalah alkohol. Dan itu aman untuk perhiasan, tetapi harus hati-hati.

“Saya akan menggunakan hand sanitizer tapi hati-hati jika ada pewangi atau pewarnanya,” katanya.

“Kami juga menggunakan penyeka alkohol untuk membersihkan posting anting-anting di studio kami,” jelasnya.

4. Bagaimana Bersihkan Berlian?

Grace mengatakan bahwa alkohol pembersih tangan dapat digunakan untuk membersihkan emas dan berlian. Tetapi tidak menyarankan menggunakannya pada batu permata yang lebih lembut seperti opal, zamrud, atau pirus, yang lebih keropos.

“Bukan ide bagus untuk menggunakan pembersih tangan atau produk berbasis alkohol pada batu-batu ini karena mereka dapat menimbulkan korosi dari waktu ke waktu,” kata Ashley.

“Dengan batu seperti zamrud, pembersih tertentu tidak cocok. Ketika ragu, lebih aman menggunakan sabun dan air,” jelasnya.

5. Haruskah Lepas Cincin Saat Cuci Tangan

Meskipun tidak perlu melepas cincin saat mencuci tangan, Ashley menegaskan bahwa membersihkan tangan akan lebih baik saat tidak memakai cincin apa pun. Jika Anda memilih untuk tetap memakai cincin, gunakan sabun yang ringan.

6. Bolehkah Pakai Hidrogen Peroksida untuk Membersihkan Perhiasan?

Grace mengatakan bahwa di studionya, ia menggunakan hidrogen peroksida bergantian dengan alkohol untuk membersihkan anting-anting. Meskipun aman, Ashley mengatakan sabun dan air adalah solusi pembersihan yang disarankan.

7. Bolehkah Membersihkan Perhiasan Dengan Pasta Gigi?

Grace tidak merekomendasikan membersihkan perhiasan dengan pasta gigi karena ada bahan-bahan keras yang terkandung di dalam formulanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads