alexametrics

Ikuti 4 Langkah Jaga Kecantikan Kulit Wajah Selama Liburan

24 Desember 2018, 16:15:32 WIB

JawaPos.com – Akhir tahun memang waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau teman. Tapi, bukan berarti tak memerhatikan perawatan kulit wajah selama liburan. Sebab, udara dalam perjalanan, baik itu menggunakan pesawat maupun mobil, bisa memengaruhi kecantikan kulit. 

Nah, dilansir dari Allure, Senin (24/12), ada empat langkah sederhana yang bisa dilakukan pada kulit wajah sebelum dan saat liburan. Apa saja?

1. Jaga Kelembapan dengan Minum Air Putih

tips kecantikan, tips perawatan wajah, kulit berjerawat, masalah jerawat, masalah kulit, tips liburan, tips traveling,
Sering minum air putih utuk cegah dehidrasi kulit. (Indiatimes.com)

Kelembaban rata-rata di pesawat turun hingga 20 persen dari level normal. Jika kulit Anda kering, ini dapat menyebabkan penumpukan minyak di bawah sel-sel kulit yang dehidrasi.

Udara kering membuat kulit Anda menjadi overdrive, yang menghasilkan lebih banyak minyak karena mencoba merehidrasi sendiri.  Untuk itu, minum banyak air dapat membantu menjaga kulit Anda terhidrasi dari dalam ke luar.

2. Eksfoliasi Sebelum Perjalanan Anda

Langkah pencegahan lain untuk menghindari flare up pada kulit saat perjalanan adalah pengelupasan atau Eksfoliasi. Pengelupasan bisa menggunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid karena akan menghilangkan lapisan kulit kering di permukaan. Sehingga membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

3. Oleskan Selalu Tabir Surya

Setelah melakukan sesi pengelupasan kulit Anda, lanjutkan dengan pelembab yang diformulasikan dengan SPF. “Sinar UV jauh lebih intens di ketinggian yang lebih tinggi, dan dengan udara yang lebih tipis, ada sedikit penyaringan radiasi berbahaya,” kata Melissa Kanchanapoomi Levin, seorang instruktur klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

Bahkan jika Anda tidak terbang, kulit Anda masih membutuhkan pelapisan SPF yang baik. Setelah wajah Anda yang baru terkelupas diakhiri dengan lapisan SPF, sebaiknya jangan memakai make up terlebih dahulu.

4. Tetap Tenangkan Kulit

Perubahan jam biologis dan kurang tidur adalah penyebab stres yang menyebabkan peningkatan kadar kortisol tubuh Anda. Ini bisa meningkatkan produksi minyak dan potensi jerawat. Selain hindari stres, Anda juga bisa hindari makan gula dan produk susu berlebihan. Selian itu tidur siang di perjalanan,dan menggunakan perawatan jerawat yang diformulasikan dengan baik dari salicylic acid atau benzoyl peroxide.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (Inr/JPC)



Close Ads
Ikuti 4 Langkah Jaga Kecantikan Kulit Wajah Selama Liburan