alexametrics

3 Tips Mudik dengan Aman dan Terhindar dari Kecelakaan

24 Mei 2019, 12:48:40 WIB

JawaPos.com – Lebaran sebentar lagi. Masyarakat sudah bersiap untuk mudik ke kampung halaman. Bagi siapa saja yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi atau lewat jalur darat, maka sebaiknya mempersiapkan diri dari manajemen kegawatdaruratan dan manajemen trauma agar mudik tetap lancar dan terhindar dari kecelakaan.

Dalam aksi kepedulian yang dilakukan Siloam Hospitals Jogjakarta dengan menyantuni 17 anak dari panti asuhan Yayasan Kasih Ibu Cabang DIJ, masyarakat diberi edukasi kesehatan soal ‘Management On Trauma’ oleh Kepala Departemen Emergensi Siloam Hospitals Yogyakarta, dr. Ida Ayu Putu Diana Janaki. Sehingga masyarakat menyadari pentingnya untuk mengetahui prosedur dasar dalam menangani kecelakaan, umumnya pada kecelakaan berlalu lintas.

“Diharapkan dengan edukasi ini, masyarakat menjadi lebih mengenal tata cara penanganan pertolongan pertama saat mudik, atau di tengah perjalanan,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5).

Maka berbagai tips agar mudik tetap lancar dan berlangsung aman di antaranya,

distribusi logistik pemilu
ILUSTRASI Ambulans. (Dok JawaPos.com)

Penting Simpan Nomor Ambulans

Setiap pemudik tak bisa memprediksi apa yang terjadi di jalan. Maka penting membiasakan menyimpan nomor ambulans. Sehingga kegawatdaruratan bisa cepat tertangani.

“Lalu jika ada kecelakaan misalnya tidak serta merta memindahkan korban dari tempat kecelakaan, ” ungkap dr. Ida Ayu Putu Diana Janaki.

Cek Kesehatan

ILUSTRASI: Tes kesehatan. (MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST/JAWA POS GROUP)

Di tempat terpisah, Praktisi kesehatan, dr. Reisa Broto Asmoro menjelaskan agar para calon pemudik sebelumnya disarankan untuk mengecek ke dokter tentang kesehatannya. Apalagi jika berencana membawa mobil sendiri.

“Selama mempersiapkan untuk mudik biasakan makan teratur biar ngga maag, usahakan mudik bawa air minum sendiri. Kalau punya riwayat sakit, sebaiknya konsul ke dokter melihat dulu kondisi kita boleh apa enggak untuk mudik, apa obat yang harus diminum misalnya hipertensi atau diabetes,” jelasnya.

Mudik Bersama Anak

ILUSTRASI: Mudik Lebaran 2019

Jika mudik bersama anak, maka harus mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup. Jika lelah, jangan memaksakan diri, segera mencari tempat istirahat atau penginapan.

“Dan kalau membawa anak, jangan kasih gadget tetapi berikan motorik permainan, bawa buah buah sebagai camilan,” tandas dr. Reisa

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads