alexametrics

Batik Betawi Motif Elang Bondol Terbukti Keren dan Kekinian

24 Maret 2019, 14:30:37 WIB

JawaPos.com – Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai teknik membatik. Jakarta yang memiliki suku asli Betawi juga memiliki kain kebanggaan, Batik Betawi. Batik Betawi memiliki ciri khas dengan warna mencolok dan terang.

Di tangan label ELEMWE karya Lily Mariasari, batik Betawi dibuat lebih modern. Ia memasukkan motif benda khas Jakarta atau Betawi seperti tugu Monas, bajaj, kerak telor, bahkan hingga elang bondol. Tak banyak yang tahu bahwa hewan elang bondol adalah khas Ibu Kota.

Kini, tidak hanya meramaikan industri fashion muslim dengan penampilan khas corak batik di kancah internasional, karya Lily Mariasari dengan label ELEMWE turut andil dalam memeriahkan program Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Timur. Batik Betawi motif elang bondol ternyata bisa dibuat lebih modern dan kekinian.

Batik Betawi Motif Elang Bondol Terbukti Keren dan Kekinian
Batik Betawi motif elang bondol dipamerkan di ajang Festival Handycraft Dekranasda (dok. ELEMWE)

“ELEMWE sebagai anggota Dekranasda ikut berpartisipasi dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Timur, Walikota Jakarta Timur dalam memajukan Seni Budaya Jakarta melalui busana Batik Betawi yang akan diperagakan oleh anggota Dekranasda,” ujar Lily saat memeriahkan acara Festival Handycraft Dekranasda, dalam keterangan tertulis, Minggu (24/3).

Sebanyak 3 look atau outfit busana muslim diperagakan para anggota Dekranasda Jakarta untuk memeriahkan festival yang berlangsung pada 23-24 Maret 2019 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Motif batik bertema elang bondol menjadi kian menarik dengan paduan warna biru dan merah yang cerah.

Senada dengan budaya Jakarta yang sangat beragam, ELEMWE kerap menampilkan motif meriah dengan warna-warna yang memikat mata. Tidak hanya sebatas menciptakan karya.

“Bahwa batik Betawi bisa dikenakan untuk busana Ready to Wear yang cocok untuk milenial dan segala usia. Keindahannya dengan ciri khas batik Betawi untuk terus dijaga kelestariannya,” katanya.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Close Ads
Batik Betawi Motif Elang Bondol Terbukti Keren dan Kekinian