alexametrics

Simak 3 Saran Psikolog dan Raisa Agar Perempuan Semangat Raih Mimpinya

23 November 2021, 07:35:20 WIB

JawaPos.com – Perempuan didorong bisa unjuk gigi dan setara dengan pria. Perempuan juga didorong untuk memiliki mimpi.

Dalam webinar bersama Sunsilk melalui kampanye #TakTerhentikanTukBerkilau, sebuah survei yang dilakukan tahun 2021 diungkap. Hasilnya dari perempuan muda di berbagai wilayah Indonesia, 60 persen dari mereka merasa tantangan terbesar dalam meraih mimpi berasal dari faktor keluarga dan tuntutan masyarakat. Bahkan, 89 persen merasa ekspektasi masyarakat terhadap sosok perempuan telah mempengaruhi cara mereka membayangkan masa depan

“Kami melihat bahwa saat ini perempuan muda Indonesia masih menghadapi begitu banyak tantangan dari lingkungan eksternal yang menghambat mereka untuk berkembang,” kata Senior Brand Manager Sunsilk, Elviana Lim, Senin (22/11).

Bagaimana caranya mewujudkan impian?

Psikolog Klinis Inez Kristanti memiliki kepedulian terhadap isu gender. Menurutnya keinginan dan motivasi perempuan untuk mengaktualisasikan diri dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Salah satunya dari bagaimana peran seorang perempuan disosialisasikan atau ditanamkan oleh orang-orang sekitarnya, apakah di lingkungan tersebut perempuan diharapkan untuk menjadi seseorang yang berdaya atau tidak.

“Berbagai stigma terhadap perempuan pun masih ada di tengah masyarakat, sehingga beberapa perempuan bahkan tidak terpikir untuk memiliki mimpi, apalagi mewujudkannya,” lanjut Inez.

1. Harus Punya Role Model

Kehadiran sosok role model baik dari lingkungan terdekat maupun eksternal yang mempunyai similarity baik latar belakang ataupun permasalahan yang sama sangat membantu para perempuan untuk tidak merasa sendirian dan termotivasi untuk meraih mimpi.

2. Sumber Daya dan Akses

Selain itu, faktor eksternal lain yang tidak kalah penting adalah tersedianya sumber daya dan akses untuk mengembangkan diri. Faktanya, keterbatasan akses mengakibatkan 28,64 persen perempuan muda Indonesia tidak bisa bersekolah, bekerja, atau mengikuti pelatihan.

3. Support System

Brand Ambassador Sunsilk Raisa Andriana mengakui saat ini semakin banyak tantangan yang dihadapi perempuan muda. Ia juga sangat percaya akan pentingnya ekosistem.

“Seperti keluarga yang terus memberikan support di sepanjang perjalanan kita meraih mimpi,” kata Raisa.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads