alexametrics

5 Hal yang Perlu Dipastikan Sebelum Menikahi Pasangan

23 April 2019, 16:35:04 WIB

JawaPos.com – Bagi pasangan kekasih yang sudah menjalin komitmen sekian lama, biasanya ada keinginan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius yakni pernikahan. Lalu seberapa yakin hati Anda dengan pasangan untuk membina hubungan rumah tangga?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal penting yang harus ditanyakan atau dipastikan pada pasangan Anda demi kenyamanan saat berkeluarga. Pasalnya, Anda akan mengalami kondisi susah dan senang seumur hidup bersama si dia.

Pakar Hubungan dan Psikolog Klinis, Patti Stanger, dr. Dara Bushman, serta Psikoterapis Jason Eric Ross telah menyusun daftar hal-hal penting untuk diketahui tentang pasangan sebelum bertunangan dan menikah. Hal itu diperlukan sebagai panduan ketika Anda memasuki bab baru dalam kehidupan pernikahan seperti dilansir dari Pop Sugar, Selasa (23/4).

1. Apakah Ingin Punya Anak atau Tidak dan Berapa Banyak

Jika tidak memiliki yang sama soal anak, Anda kemungkinan besar akan putus. Jika Anda sudah melakukan diskusi tentang hal ini, pastikan juga tahu berapa banyak anak yang diinginkan pasangan. Lalu seperti jarak waktu ideal untuk memiliki anak lagi. Lakukan percakapan yang konsisten dan terbuka adalah kuncinya.

2. Bagaimana Situasi Keuangannya

Penyebab perceraian nomor satu adalah masalah finansial. Apakah mereka memiliki kredit yang baik atau adanya rencana pembelian rumah. Tanyakan siapa yang akan membayar dan bagaimana cara membayarnya. Jangan berasumsi jika menikahi orang kaya, mereka akan membayar semuanya.

Ketahui situasi keuangan pasangan untuk menjamin masa depan saat berkeluarga. Unsplash / Rawpixel

3. Bagaimana Keluarganya

Cara seseorang memperlakukan orang lain juga bisa menunjukkan karakternya. Keluarga asal mungkin menjadi faktor paling penting untuk dipertimbangkan. Sikap seseorang berinteraksi dengan keluarga bisa menjadi poin bagaimana ia akan memperlakukan Anda kelak.

4. Ketertarikan Fisik

Keintiman bisa menjadi bumbu dalam hubungan. Apakah pasangan mampu bersikap romantis. Hal itu akan berkaitan erat dengan hubungan suami istri, sentuhan, dan ciuman dalam rumah tangga. Peluklah pasanganmu. Buat komitmen untuk menyentuhnya setiap hari.

5. Bagaimana Saat Hadapi Masa Krisis

Semua orang berurusan dengan masa-masa sulit, apakah itu masalah keluarga, gangguan karier, atau kesehatan. Yang perlu diketahui adalah bagaimana menghadapi masa krisis. Apakah menghindari masalah, mengangkat tangan, atau berlari ke arah lain. Satu tanda bahwa pasangan Anda dapat mengatasi krisis adalah jika mereka terbuka untuk komunikasi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads