alexametrics

5 Cara Sulap Dapur Anda Lebih Ramah Lingkungan

23 April 2019, 14:55:47 WIB

JawaPos.com – Masih dalam rangka Hari Bumi Sedunia pada 22 April, saat ini banyak masyarakat dunia menggerakkan kampanye hijaukan bumi. Salah satunya dimulai dari rumah sendiri.

Karena itu konsep ‘rumah hijau’ atau ‘kota hijau’ dianggap bisa menyelamatkan lingkungan dari kerusakan. Cobalah memulainya dari dapur. Ada langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan untuk menghemat sumber daya alam dimulai dari dapur.

Green Kitchen atau dapur hijau bisa dengan mengurangi jejak karbon dan menghemat seluruh bahan seperti dilansir dari NDTV, Selasa (23/4). Berikut lima langkah tepat menciptakan dapur ramah lingkungan.

Tanam Sayur dan Bumbu Dapur

Cobalah menanam sayuran dan rempah sebanyak mungkin untuk kebutuhan dapur. Bisa juga dengan menanamnya di dapur. Yang Anda butuhkan hanyalah jendela (jika ada) atau sudut mana pun di mana tanaman bisa mendapatkan sinar matahari langsung. Bumbu dapur hasil tanaman sendiri tentu akan lebih hemat dan bebas kimia.

Pilih Peralatan Hemat Listrik

Pilih peralatan yang menggunakan jumlah minimum listrik saat memasak makanan. Peralatan hemat energi dapat menekan pengeluaran uang untuk tagihan listrik dan juga membuat dapur lebih hijau. Cabut juga peralatan listrik saat tidak menggunakannya dan pastikan untuk memastikan batas masa pakai peralatan.

Jangan Boros Pada Makanan

Masaklah sebanyak yang bisa disantap di hari yang sama. Jika memiliki sisa makanan, cobalah simpan dengan baik agar tetap segar keesokan harinya.

Hemat Gas dan Air

Hanya langkah-langkah kecil seperti menutup tutupnya saat memasak dan menggunakan lebih sedikit air dapat membantu mengurangi jejak karbon dapur.

Manfaatkan Semua Bagian Tanaman

Root-to-stem adalah metode memasak yang memanfaatkan semua bagian tanaman, sehingga tak membuang batangnya. Jika tidak dapat menggunakan batang, daun, dan akar dalam memasak, pertimbangkan untuk membuatnya menjadi kompos. Kompos dapat berfungsi sebagai pupuk organik untuk kebun dapur.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads