alexametrics

5 Cara Asyik WFH Bareng Pasangan Tanpa Ganggu Konsentrasi

22 Maret 2020, 12:14:12 WIB

JawaPos.com – Bekerja dari rumah (Work From Home) di tengah pandemi virus Korona memang menyisakan tantangan tersendiri. Apalagi jika WFH dilakukan bersama pasangan di mana suami dan istri sama-sama bekerja dari rumah.

Agar tetap fokus dan tidak terganggu satu sama lain, para pasangan harus bisa menetapkan batasan saat bekerja dari rumah. Sehingga saat kerja, tidak memasukkan urusan pribadi, pertengkaran, dan mengobrol terlalu sering yang menyebabkan tugas pun terbengkalai.

Dilansir dari Pop Sugar, Minggu (22/3), ada lima cara yang bisa menjadi solusi atau inspirasi untuk menciptakan suasana kerja yang produktif di rumah bagi pasangan.

1. Buat Ruang Kerja Independen

Lingkungan kerja dapat secara langsung memengaruhi motivasi dan kreativitas Anda. Jadi penting bagi Anda dan pasangan untuk mempertahankan ruang kerja di rumah. Jadi, buatlah area kerja terpisah untuk menumbuhkan ide sendiri. Jika tak punya ruangan luas, hanya tinggal posahkan lokasi bekerja. Satu dari meja makan atau satu lainnya dari ruang tamu.

2. Pelajari Daftar Pekerjaan Harian

Saling tetap konsisten dalam lingkaran beban kerja dan juga bertanggung jawab. Dengan menguraikan daftar tugas di pagi hari sebelum mulai. Sehingga masing-masing bisa fokus.

3. Setuju Tanpa Gangguan

Sepakati hal-hal yang bisa mengganggu. Misalnya bekerja tanpa musik atau pakai musik harus disepakati bersama. Buatlah daftar hal-hal yang Anda berdua sepakati untuk lebih konsentrasi. Tidak ada musik di atas volume tertentu. Tidak ada panggilan dengan speaker telepon. Dan lainnya.

4. Boleh Berkolaborasi

Kadang-kadang, bekerja dari rumah tetap tak bisa menjauhkan sifat alamiah manusia sebagai makhluk sosial. Maka ada kalanya pasangan butuh bantuan. Tak masalah untuk ikut menyumbang ide keatif.

5. Sepakati Waktu Istirahat Yang Sama

Istirahat teratur saat bekerja dari rumah sangat penting, terutama untuk makan siang. Sepakati jam untuk makan siang dan menikmati istirahat bersama.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads