alexametrics

Simak Batasan Minum Kopi yang Sehat Untuk Dewasa, Remaja, dan Anak

21 November 2019, 11:45:34 WIB

JawaPos.com – Rutin minum kopi baik untuk kesehatan selama tidak melebihi batas kadar konsumsi. Pertanyaannya, berapa banyak jumlah cangkir kopi yang boleh dikonsumsi per hari?

Selama Anda membatasi krim dan gula, kopi tidak akan meningkatkan berat badan seperti minuman energi dan soda. Kandungan kalori dalam secangkir kopi yang diseduh hampir tidak ada, dan tidak ada kandungan lemaknya juga.

“Kami tahu bahwa gula memiliki efek buruk, gula adalah bahan makanan yang memberi efek negatif,” kata Profesor Nutrisi di Penn State University, Penny Kris-Etherton dilansir dari USA Today, Kamis (21/11).

 

Dosis Kopi Pada Orang Dewasa

Ada perbedaan pendapat tentang berapa banyak cangkir kopi yang harus diminum. The American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan pada bulan Maret 2019, bahwa 6 cangkir kopi atau delapan ons per hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 22 persen. Studi ini meneliti hampir 350 ribu orang.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa asupan kopi 4 cangkir kopi harian adalah jumlah yang aman. Bahkan pedoman diet menyarankan 3 hingga 5 cangkir kopi per hari dapat menjadi bagian dari diet sehat.

Kepala Pejabat Akademik Heart and Vascular Institute di Klinik Cleveland, Steven Nissen, mengatakan tidak ada batasan harian spesifik yang akan berlaku untuk semua orang, tetapi minum lebih dari 4 hingga 5 cangkir menyebabkan lebih banyak kafein pada tubuh. Seseorang harus mengetahui jeda minum kopi agar tidak mengganggu waktu tidur.

“Ingatlah bahwa waktu paruh biologis efek kafein adalah 7 hingga 9 jam. Jadi, jika Anda minum banyak kopi di pagi hari, efeknya akan hilang sebelum tidur. Tetapi, jika Anda meminumnya sepanjang hari, bisa jadi menyebabkan insomnia di malam hari,” kata Nissen.

Tidak semua orang bereaksi terhadap kafein dengan cara yang sama. Jadi jika Anda merasakan beberapa gejala negatif dari zat tersebut, seperti insomnia atau kecemasan, jangan takut. Cobalah untuk mengurangi asupan kopi per hari.

 

Dosis Kopi Pada Remaja dan Anak

Asupan kafein untuk mereka yang berusia 18 tahun ke bawah harus dipantau lebih ketat. American Academy of Pediatrics menyarankan anak-anak berusia 12 hingga 18 tahun membatasi konsumsi kafein hingga 100 miligram per hari atau sekitar 1 cangkir kopi, 1 cangkir teh, atau 2 gelas soda.

Davis Allen Cripe, siswa sekolah menengah berusia 16 tahun dari South Carolina, meninggal pada tahun 2017 karena overdosis kafein ketika dia banyak minum minuman bersoda dan minuman energi dalam waktu sekitar dua jam.

Sedangkan untuk mereka yang berusia 12 tahun ke bawah, tidak ada jumlah pasti konsumsi kafein yang dapat dianggap aman. Mengawasi ketat asupan kafein pada anak akan mencegah mereka dari efek samping negatif, seperti kecemasan, diare dan dehidrasi.

 

Bagaimana Jika Tak Minum Kopi?

Menurut studi, orang yang tidak minum kopi memiliki peluang 11 persen lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang mengonsumsi 1 hingga 2 cangkir per hari. Studi ini juga menemukan peminum kopi tanpa kafein memiliki peluang 7 persen lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

National Institutes of Health mempublikasikan temuan serupa. Mereka yang minum setidaknya 3 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko kematian 10 persen lebih rendah. Tinjauan ini memeriksa lebih dari 400 ribu pria dan wanita berusia 50 hingga 71 tahun.

Selain itu, dua penelitian dalam Annals of Internal Medicine mendukung gagasan bahwa minum kopi dikaitkan dengan umur panjang. Satu studi yang meneliti lebih dari 185 ribu orang Amerika melaporkan bahwa 18 persen risiko kematian peminum kopi lebih sedikit dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi. Penelitian lain, yang terdiri dari lebih dari 520 ribu orang di seluruh Eropa, juga menemukan bahwa orang yang minum beberapa cangkir kopi per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

 

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads