alexametrics

Mengulas Gaya Kebaya Khas Ibu Negara Iriana Jokowi

21 April 2019, 16:05:32 WIB

JawaPos.com – Ibu negara Iriana Joko Widodo seringkali terlihat mengenakan busana dan kain tradisional kebaya. Dengan gaya rambut disanggul, ibu negara selalu tampil ayu dan rapi di hadapan publik.

Salah satu model kebaya yang sering digunakan Iriana Jokowi adalah kutubaru. Kebaya kutubaru biasanya memiliki ciri khas pada bukaan depan membentuk garis leher seperti U kotak.

Kebaya kutubaru biasa dipadukan dengan tambahan kain jumputan yang menutupi area perut, disertai kain bawahan berupa batik. Iriana Jokowi memang konsisten memilih kebaya kutubaru dalam sejumlah acara terutama acara formal.

Misalnya ketika menyambut tamu negara atau tokoh dunia. Ibu tiga orang anak itu juga terlihat mengenakan kebaya kutubaru dalam rangkaian acara pernikahan anak-anaknya.

“Dalam setiap kebaya kutubaru yang dipilih selalu dengan make-up yang sederhana dan tak berlebihan. Riasan disesuaikan dengan warna busana yang dikenakan, baik kebaya acara formal maupun acara santai. Memang nuansa riasan selalu natural dan tak berlebihan, dan itu juga maunya Pak Presiden Jokowi,” kata Kritikus Mode Sonny Muchlison kepada JawaPos.com, Minggu (21/4).

Kebaya kutubaru memiliki motif yang bermacam-macam. Biasanya terdiri dari motif bunga, bordir, dan payet di sejumlah sisinya. Kebaya kutubaru saat ini semakin modern dan dibuat dengan kain tule, sehingga bisa terlihat lebih manis.

Mengenakan kebaya kutubaru bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tak harus dengan kain, saat ini semakin banyak perempuan yang bangga mengenakan kebaya dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga bisa dengan kain biasa atau bahkan celana.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads