alexametrics

4 Tips Untuk Bunda Jadi Kartini Hebat Bagi Buah Hati

21 April 2019, 11:35:19 WIB

JawaPos.com – Sosok Kartini adalah perempuan yang tangguh dan kuat, yang memperjuangkan hak-hak kaum hawa agar setara. Setiap perempuan bisa mencontoh sifat Kartini. Termasuk para ibu rumah tangga.

Psikolog Anak dan Keluarga Vera Itabiliana Hadiwidjojo menjelaskan momen hari Kartini mengingatkan kembali tentang bagaimana peranan perempuan bagi lingkungan di sekitarnya. Hal itu bukan hanya semata menyuarakan kesetaraan atau emansipasi tapi juga mengingatkan bagaimana para ibu memiliki peranan penting dalam lingkungannya. Mulai dari lingkungan utama yaitu keluarga.

“Mengingatkan bagaimana kontribusi ibu bagi tumbuh kembang anak bagaimana anak bisa tetap berkembang baik di era digital. Ibu yang bisa memainkan perannya sebagai penyeimbang aktivitas gadget bagi anaknya, misalnya, sehingga teknologi digital membawa manfaat bukan merusak,” tegasnya kepada JawaPos.com, Minggu (21/4).

Psikolog Anak dan Keluarga Vera Itabiliana Hadiwidjojo. (istimewa)

Vera menambahkan merayakan hari Kartini dengan simbolik boleh-boleh saja tetapi tanpa menghilangkan maknanya. Misalnya, setiap ibu biasanya sibuk mengurus dan mencari busana daerah untuk buah hatinya dalam mengikuti perayaan hari Kartini di sekolah.

“Diskusi tentang apa itu hari Kartini, siapa itu Kartini, apa yang telah dilakukannya mungkin lebih menambah makna bagi edukasi anak tentang hari Kartini,” jelasnya.

Karena itu, Vera memberikan tiga tips bagi para bunda agar menjadi Kartini yang kuat di tengah peran ganda di dalam kehidupannya. Dari mulai mengurus karir, pendidikan, hingga rumah tangga.

Realitis

Ukur kemampuan diri. Sehingga tak harus selalu sempurna. “Not trying to be a perfect mom, being a mom is good enough,” kata Vera.

Pola Asuh

Dalam mendidik anak di era digital tentu akan menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Seorang ibu harus lebih bisa memahami pola asuh yang tepat mendidik anak di tengah serbuan informasi yang cepat lewat media sosial.

Me Time

Tetap cari waktu untuk mengurus diri sendiri. Ada Me Time untuk dirinya. “happy mom produces happy kids/family,” ungkapnya.

Kehidupan Sosial

Berbagi pengalaman dengan para ibu lainnya. Saling menguatkan antar sesama ibu karena masing-masing punya perjuangan sendiri-sendiri.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads