alexametrics

3 Kunci Sukses yang Harus Dimiliki Para Kartini Milenial

21 April 2019, 10:50:34 WIB

JawaPos.com – Perempuan masa kini khususnya kaum milenial semakin mendapat ruang untuk menduduki posisi jabatan strategis dan pucuk kepemimpinan. Cita-cita Raden Ajeng Kartini untuk membuat posisi perempuan setara sudah semakin baik. Seiring perkembangan teknologi, perempuan juga harus terus berinovasi.

Bagi perempuan baik yang berkarir di dalam maupun di luar rumah harus berani mewujudkan pemikiran Kartini. Sosok Kartini ingin melihat perempuan dapat menjadi mandiri namun terus memberi yang terbaik untuk lingkungan pribadi dan sosialnya.

Perempuan harus menjadi bagian dari jawaban dari persoalan bukan masalah. Caranya ialah dengan terus membangun jaringan di antara perempuan, saling membantu, dan memerhatikan kemajuan serta kesulitan yang dihadapi sesama perempuan.

“Jangan sampai, justru sesama perempuan masuk dalam hubungan yang tidak sehat sesama perempuan, yang justru membuat banyak kesempatan besar hilang,” ungkap Pengamat Sosial dari Vokasi Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati kepada JawaPos.com, Minggu (21/4).

Agar tak kalah dengan kemajuan zaman, maka perempuan harus berusaha untuk meningkatkan skill atau kemampuan dengan menyesuaikan diri di era digital. Perempuan harus cerdas, punya kapasitas, dan mandiri.

“Perempuan di era modern harus memiliki 3K yaitu Kecerdasan Sosial, Kapasitas Digital, dan Kemandirian Ekonomi,” kata Devie.

Perempuan masa kini juga perlu menguasai teknologi sebagai pintu masuk mengembangkan kemampuan diri. (Fortune)

Kecerdasan Sosial

Cerdas secara sosial membuat perempuan dengan tangkas merespon kehidupan sosial serta memberikan kontribusi nyata.

Kapasitas Digital

Perempuan sebagai mata air pengetahuan dan pengaturan dalam keluarga harus mampu memanfaatkan berkah digital untuk hal-hal yang positif dan produktif. Misalnya menggalang ekonomi kreatif, kewirausahaan dan konseling digital untuk keluarga di media sosial misalnya. Jangan sampai, internet justru menjadi sumber air mata bagi perempuan karena tenggelam dalam pusaran hoax.

Kemandirian Ekonomi

Perempuan harus memastikan bahwa mampu membangun tonggak ekonomi keluarga dengan memanfaatkan sarana digital. Sehingga perempuan sukses menghasilkan pendapatan namun tetap memelihara hubungan dalam keluarga.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads