alexametrics

4 Manfaat Gunakan Teh Celup Bekas untuk Kecantikan Kulit

21 Februari 2020, 12:48:06 WIB

JawaPos.com – Usai minum teh celup, kantongnya jangan dibuang. Sebab masih bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Kantong teh bekas masih mengandung antioksidan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit. Anda bisa membuat resep rumahan dan mencampurnya dengan bahan-bahan lain seperti dilansir dari The Statesman, Jumat (21/2).

1. Eksfoliasi Kulit

Isi kantong teh dapat berfungsi ganda sebagai scrub yang bagus untuk kulit. Tekstur kasar pada teh membantu mengelupaskan kulit dan membersihkannya dua kali lipat. Cara ini membantu membuka pori-pori dan menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran.

2. Mengurangi Bengkak Pada Mata

Ilustrasi manfaat teh. Teh celup bekas dapat bermanfaat untuk menenangkan matan yang lelah. (Pinterest)

Malam yang panjang, melelahkan, dan sulit tidur dapat membuat mata terlihat kusam dan lelah. Dan tentu saja bisa terlihat bengkak. Cara terbaik untuk menyembuhkan bengkak di bawah mata adalah dengan meletakkan kantong teh celup dingin di atasnya selama sekitar 15 menit. Kantong teh langsung bekerja memberi efek menenangkan.

3. Meringankan Luka Bakar dan Ruam

Jika memiliki kulit sensitif, kemungkinan besar cenderung mengalami ruam dan terbakar sinar matahari pada kulit. Kantong teh dapat digunakan untuk menenangkan kulit. Dinginkan beberapa kantong teh selama sekitar 30 menit. Setelah dingin, letakkan kantong teh di atas ruam dan biarkan selama 15 menit. Nutrisi yang ada di dalam kantong teh mengurangi peradangan. Untuk hasil terbaik, cobalah setidaknya dua kali sehari.

4. Atasi Penuaan Dini

Kulit mulai kehilangan elastisitasnya dari waktu ke waktu, sehingga menjadi semakin kendur setiap hari. Kantong teh dapat membantu kulit mendapatkan kembali penampilan muda. Buat masker teh hijau dengan memindahkan isi kantong teh hijau bekas ke dalam mangkuk dan campur dengan beberapa tetes lemon dan ekstrak lidah buaya. Selanjutnya, oleskan campuran itu pada wajah dan leher lalu biarkan selama 5 hingga 10 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads